Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Pulang Ke Kampung Halaman, Ternyata Begini Asal-usul Istilah Mudik

Harun Rasyid - Selasa, 12 Mei 2020 | 14:20 WIB
Ilustrasi mudik di zaman dulu
Nasional.kompas.com
Ilustrasi mudik di zaman dulu

GridOto.com - Mudik sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya di saat bulan Ramadan atau jelang lebaran Idul Fitri.

Berbagai moda transportasi hingga kendaraan pribadi biasanya digunakan masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya.

Ternyata, istilah mudik ini awalnya bukan bermakna pulang kampung dari perantauan untuk bertemu keluarga sob.

Baca Juga: Selama Larangan Mudik, Sebanyak 24 Travel Mudik Gelap Diamankan

Sejarawan dan budayawan Betawi, JJ Rizal, mengatakan bahwa kata mudik berasal dari sejarah urban di Jakarta, yang berarti udik atau pergi ke Selatan.

"Jadi dulu karena wilayah kota Jakarta ada di dekat-dekat Barat dan Utara. Kemudian orang-orang yang kawasan rumah atau kampungnya berada di luar daerah kota, disebut sebagai orang udik," kata Rizal beberapa waktu lalu.

"Orang udik diartikan sebagai orang yang tinggal di sebelah Selatan yang berada jauh dari pusat kota," sebutnya saat di acara Diskusi Daring Instran bertemakan 'Antisipasi Menghadapi Mudik Lokal Lebaran Lintas Wilayah Jabodetabek', Rabu (6/5/2020).

Ia mengungkapkan, istilah mudik dahulu digunakan untuk kaum urban yang sudah menyerah tinggal di wilayah perkotaan.

Baca Juga: Terminal Cilacap Kosong Melompong. PO Bus Memilih Tidak Beroperasi, Angkutan Gelap Makin Marak

Namun seiring dengan berjalannya waktu makna mudik pun meluas, hingga banyak yang mengartikan kata mudik ini untuk pulang ke kampung halaman.

"Mudik bisa dibilang akarnya dari sejarah urban Jakarta, tapi sekarang mudik sudah jadi istilah umum dan perginya bukan ke Selatan saja. Tapi sudah kemana-mana," kata Rizal lagi.

"Akhirnya mayoritas orang Betawi juga lah yang ikut memproduksi istilah mudik ini, jadi arti mudik sebenarnya adalah mereka orang-orang udik pindah ke Selatan karena sudah tidak sanggup lagi tinggal di tengah kota. Ke Selatannya ini, sampai jauh sekali hingga melewati perbatasan Jakarta. Seperti di perbatasan Depok, Bogor dan bahkan sampai Bekasi juga," tutupnya. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa