Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Mesin Ngebul Sebaiknya Jangan Dibiarkan, Bisa Bahayakan Pengendara Lain

Wisnu Andebar - Minggu, 3 Mei 2020 | 15:53 WIB
Knalpot ngebul putih
Istimewa
Knalpot ngebul putih

GridOto.com - Tak jarang saat sedang berkendara di jalan ditemui kendaraan baik motor atau mobil yang kondisi mesinnya kurang baik.

Sehingga, meskipun kendaraan tersebut berjenis 4-tak, tapi dari sistem gas buang atau knalpot mengeluarkan asap putih (ngebul).

Selain faktor usia kendaraan, kondisi ini juga bisa disebabkan pola perawatan yang kurang tepat, sehingga oli mesin masuk ke ruang bakar.

Baca Juga: Street Manners: Bukan Sekadar Narik Tuas, Begini Cara Ngerem Motor Menurut Pakar Safety Riding

Hal itu tentunya mengganggu pengendara di belakang akibat terpapar asap putih yang dihasilkan dari oli yang masuk ruang bakar.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia(SDCI) menjelaskan, bahwa safety itu tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain, bahkan lingkungan.

"Keselamatan adalah hal yang tidak terpisahkan dengan kesehatan, kalau alasan (knalpot ngebul) tidak mengganggu keselamatan, bagaimana dengan kesehatan terhadap orang lain?," ujar Sony kepada GridOto.com, Minggu (3/5/2020).

Baca Juga: Street Manners: Pelaku Lawan Arus Adalah Gambaran Orang Tanpa Empati

Lebih lanjut ia memaparkan, gas buang yang tidak bagus juga bisa memicu terjadinya kecelakaan, karena membuat orang lain terganggu.

"Jadi pengemudi harus paham pentingnya menjaga hal tersebut (merawat kendaraan), sehingga tidak merugikan, melukai, dan mencelakai pihak lain," imbuhnya.

Ia pun menyarankan agar para pengendara rajin merawat kendaraan, sehingga mesin selalu dalam kondisi prima dan gas buangnya juga ramah lingkungan.

"Selain itu, lihat juga dampak dari perilaku mengemudinya, ngebut juga menghasilkan asap pembakaran yang tidak bagus," pungkas Sony.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa