Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambal Tusuk Bikin Ban Mobil Rusak, Ternyata Ini yang Jadi Penyebabnya

Radityo Herdianto - Kamis, 23 April 2020 | 10:00 WIB
Ilustrasi ban bocor
Ilustrasi ban bocor

GridOto.com - Karena harganya yang murah dan prosesnya cepat, tambal ban mobil jenis tusuk cukup banyak dilakukan pemiilk mobil saat ban mobil mengalami kebocoran.

Namun, tidak sedikit yang beranggapan jenis tambal tusuk bisa merusak ban mobil dan menimbulkan risiko pecah ban dalam jangka panjang.

Ternyata ini yang menjadi penyebab tambal tusuk bisa merusak ban mobil.

"Kalau ditusuk untuk memasukkan cacing karetnya sampai dua atau tiga kali baru beres, ban mobil malah bisa bocor halus kedepannya," terang Rendy Cristian Darmawan, Kepala Mekanik Bengkel Nawilis Radio Dalam kepada GridOto.com.

Selama proses penusukkan, konstruksi rangka anyaman kawat ban bisa terkoyak karena terus bergesekkan dengan alat tusuk atau cacing karet itu sendiri.

Ilustrasi. Cacing Karet Tambal Ban Tusuk
bukalapak.com
Ilustrasi. Cacing Karet Tambal Ban Tusuk

Baca Juga: Asal Semprot Saat Cuci Mobil Bisa Merusak AC? Ternyata Ini Penyebabnya

Celah anyaman yang tadinya sempit lama-lama bisa menjadi melebar, yang juga akan menarik karet tapak ban untuk melonggarkan lubang di sekitar area tambalan.

"Waktu ditusuk biasanya juga asal dihajar lurus, tidak mengikuti kemiringan lubang bocor bekas tertusuk paku atau benda tajam," tekan Rendy.

Di area tapak ban yang aman dari bekas tusukan masih terdapat anyaman kawat yang menyatu, saat ditusuk malah membuat 'luka' baru.

Anyaman kawat malah menjadi robek dan putus karena robek oleh alat tusuk yang bisa menyebabkan kerusakan konstruksi rangka ban secara keseluruhan.

"Biasanya nanti ban jadi benjol atau rawan pecah karena penopang rangkanya sudah rusak, hanya ditutup oleh cacing karet," jelas Rendy.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa