Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuci Mesin Mobil yang Sudah Kotor Pekat? Ada Teknik Khususnya Sob

Radityo Herdianto - Selasa, 21 April 2020 | 14:00 WIB
Ilustrasi. Ruang Mesin Mobil.
Radityo Herdianto / GridOto.com
Ilustrasi. Ruang Mesin Mobil.

GridOto.com - Meski di tempat tertutup, mesin mobil bisa menjadi tempat kotoran menumpuk yang perlu dibersihkan.

Terutama panas dari mesin mobil menghasilkan uap dari oli mesin membuat sekitar ruang mesin lengket dan memudahkan kotoran melekat dan berkerak.

Tidak seperti cuci mesin mobil dalam kondisi normal, ada teknik khusus yang perlu diperhatikan bila area mesin kotor pekat.

"Kalau cuci mobil biasa dimulai dari pinggir ke tengah, kalau kotor pekat harus mulai dari mesin dulu baru ke area pinggiran," tekan Dennis Emmannuel, pemilik bengkel MMC 4x4 Pejaten kepada GridOto.com.

Menurut Dennis, kalau dimulai dari pinggir saat sudah bersih bisa menjadi kotor kembali karena terkena cipratan kotoran dari area mesin saat proses pembersihan.

Perhatikan Celah Sempit Saat Cuci Mesin Mobil
Radityo Herdianto / GridOto.com
Perhatikan Celah Sempit Saat Cuci Mesin Mobil

Baca Juga: Ingin Cuci Mesin Mobil Sendiri di Rumah? Wajib Lakukan Ritual Ini Dulu

Untuk membersihkannya, Anda bisa gunakan cairan engine degreaser dan sikat dengan kuas atau sikat gigi bekas untuk memudahkan merontokkan noda lengket bekas uap oli atau kotoran melengket.

"Tidak perlu memaksa menyikat area yang susah diraih, karena saat dibilas kalau sisa residu engine degreaser masih ada malah bikin bercak putih," terang Dennis.

Anda bisa sikat ulang menggunakan sabun cuci piring setelah penggunaan cairan engine degreaser untuk hasil yang lebih bersih, kemudian bilas sampai tidak ada sisa sabun yang menempel.

"Setelah dari mesin, baru ke area pinggir seperti dinding ruang mesin, engine wall, kap mesin, pakai engine degreaser lalu sabun cuci piring," lanjut Dennis.

Setelah dibersihkan secara menyeluruh, Anda bisa dressing komponen karet-karet mesin mobil dengan cairan silicone spray untuk meminimalisir getas dan kusam.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa