Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Semprot Air Tekanan Tinggi, Awas Cat Mobil Bagian Ini Bisa Ngelotok

Radityo Herdianto - Jumat, 17 April 2020 | 15:00 WIB
Ilustrasi. Cuci Mobil Bagian Kolong Bemper
Radityo Herdianto / GridOto.com
Ilustrasi. Cuci Mobil Bagian Kolong Bemper

GridOto.com - Bagi yang memiliki alat pompa air tekanan tinggi, Anda bisa lakukan cuci mobil sebagai aktivitas lain selama Work From Home (WFH).

Cuci mobil dengan bantuan alat pompa air tekanan tinggi bisa memudahkan merontokkan kotoran yang membandel, terutama di bagian yang sulit terjangkau.

Namun, Anda harus hati-hati ketika cuci mobil menyemprot air tekanan tinggi langsung di bagian-bagian tertentu yang malah bisa bikin cat mobil rontok.

"Terutama di bagian plastik atau non-metal yang dilapisi cat, hindari semprot air tekanan tinggi terlalu dekat jaraknya," terang Deni Yohanes, Product Expert Meguiar's Indonesia kepada GridOto.com.

Menurut Deni, daya rekat senyawa kimia cat mobil di permukaan panel plastik cenderung lebih lemah dibandingkan dengan permukaan metal.

Ilustrasi. Panel Plastik Bemper Toyota Agya
Radityo Herdianto / GridOto.com
Ilustrasi. Panel Plastik Bemper Toyota Agya

Baca Juga: Ini Tips Mudah Cegah Tikus Bersarang di Mobil Saat Jarang Dipakai

"Kalau disemprot terlalu dekat dan terpusat di satu area, bukannya baret cat mobil malah bisa jadi rontok," tekan Deni.

Lanjut Deni, terutama panel plastik seperti bemper atau fender mobil sekarang yang banyak lekukan tajam, di titik ini merupakan bagian terlemah daya rekat cat mobil.

Ketika menerima tekanan air tinggi, bagian lekukan ini akan mengalami beban stress berlebih yang biasanya menjadi timbul cat mobil retak tipis.

"Kalau mau semprot setidaknya kasih jarak agak jauh supaya semprotan lebih menyebar dan tekanan di permukaan panel tidak besar," ujar Deni.

Jika ingin merontokkan kotoran di celah sempit, arah semprotan bisa dimiringkan agar arah tekanan tidak langsung tegak tertuju pada permukaan panel.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa