Virus Corona Menyeret Dealer Mobil Optimalkan Perdagangan Digital

Ahyan Putra - Selasa, 24 Maret 2020 | 21:10 WIB
Mobil bekas ditampilkan untuk dijual di National City, California, AS
REUTERS / Mike Blake
Mobil bekas ditampilkan untuk dijual di National City, California, AS


GridOto.com - Tampaknya Virus Corona yang telah menyebar di banyak negara memaksa pelaku bisnis otomotif harus mengoptimalkan perdagangan digital.

Dilansir dari Reuters menyebutkan perdagangan digital meningkat akibat wabah Virus Corona yang terjadi di banyak negara, salah satunya di Amerika Serikat.

Seperti dealer Kanada yang dilayani oleh Roadster, menyediakan platform penjualan digital untuk semuanya mulai dari membiayai dokumen hingga pengiriman kendaraan yang naik sekitar 6 persen.

Data riset J.D.Power yang dilansir dari Reuters menyatakan berbanding terbalik dengan angka permintaan transaksi di dealer (non-digital) yang turun 13 persen dalam 19 hari pertama bulan Maret 2020. 

(Baca Juga: Hadapi Virus Corona, Dealer Auto2000 Lakukan Sejumlah Pencegahan, Salah Satunya Optimalkan Layanan Digital)

Selain itu, di pasar otomotif Seattle, San Francisco, Los Angeles dan Chicago juga mengalami kemerosotan permintaan hingga 22 persen akibat Virus Corona.

Meskipun sebenarnya sudah banyak dealer yang melakukan bisnis daring selama bertahun-tahun, seperti Tesla, Carnava, AutoNation, Benstock dan masih banyak lagi, tetapi tidak pernah menjadi fokus utama.

Menurut survei yang dilakukan National Automobile Dealers Association terhadap 540 dealer hanya 15 persen saja yang menggunakan transaksi secara daring.

Oleh karena itu, untuk menekan kemerosotan permintaan karena wabah Virus Corona, tampaknya kini dealer mobil mulai merangkul dan mengoptimalkan perdagangan digital.

(Baca Juga: Daihatsu Tegaskan Virus Corona Belum Mengganggu Aktivitas Produksi dan Layanan Dealernya di Indonesia)

Pasalnya perdagangan digital memungkinkan konsumen tidak perlu datang ke dealer (stay at home) dan kendaraan dapat dikirim ke tujuan.

Mengingat wabah Virus Corona membuat orang kini beraktivitas di dalam rumah dan menghindari keramaian.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Reuters.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa