Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengulik Rombakan Mesin Piaggio 'Susuputih' Zip, Boreup Jadi 128cc!

Yuka Samudera - Senin, 23 Maret 2020 | 21:46 WIB
Susuputih, Piaggio Zip hasil racikan A15 Engineering yang sukses meraih podium.
Yuka Samudera
Susuputih, Piaggio Zip hasil racikan A15 Engineering yang sukses meraih podium.

GridOto.com - Piaggio Zip garapan Bayu dari A15 Engineering memang menjadi 'kuda hitam' ketika gelaran Vespa Race Championship 2020.

Bagaimana tidak, Bayu berhasil mematahkan mitos jika Piaggio Zip itu tidak bisa dibuat 'kencang'.

Di artikel sebelumnya, GridOto sudah membahas soal modifikasi Piaggio Zip milik Eko yang dikerjakan oleh Bayu dan segenap tim A15 Engineering.

Nah sekarang GridOto coba mengulik lebih dalam ubahan apa saja yang dilakukan Bayu ke motor yang diberi julukan 'Susuputih' ini.

Bore up menjadi 128cc.
Yuka Samudera
Bore up menjadi 128cc.

"Saya akuin untuk merombak mesin Piaggio Zip ini cukup sulit karena konstruksi mesinnya lain daripada yang lain. Beda dari motor Piaggio lainnya. Struktur mesin, noken as, dan rocker arm contohnya, beda sendiri tidak seperti Piaggio lainnya. Makanya lebih banyak makan biaya dan waktu buat riset," ujar Bayu, selaku builder di motor ini.

Nah setelah melewati proses riset dan memakan waktu yang ngga bisa dibilang cepat, akhirnya Bayu dan tim menemukan 'racikan' yang pas untuk Piaggio Zip ini.

Radiator custom.
Yuka Samudera
Radiator custom.
"Setelah beberapa kali riset, akhirnya ketemu settingannya. Dari head pakai klep 28-25, lalu stroke up kurang lebih 1,5 mili, dibantu teman-teman tim buat bikin noken as," ujar Bayu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa