Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Lho Produsen Pelek Aftermarket Berstandar Internasional di Karawang, Pernah Bikin OZ Racing Juga!

Ivan Casagrande Momot - Sabtu, 21 Maret 2020 | 17:32 WIB
Proses produksi pelek di Pabrik Pako Group
istimewa
Proses produksi pelek di Pabrik Pako Group

GridOto.com - Indonesia memang tidak pernah kekurangan sumber daya dan antusias otomotif yang mampu bikin produk aftermarket keren mendunia.

Salah satunya ialah Pako Group, produsen pelek merek lokal asli Indonesia yang bermarkas di Karawang Timur, Jawa Barat.

Pako Group mengklaim kalau setiap tahunnya bisa memproduksi 2 juta pelek untuk memenuhi kebutuhan OEM dan aftermarket di dalam dan luar negeri.

Di pabrik Pako Group dikerjakan proses produksi pelek alloy dan steel (kaleng) untuk kebutuhan mobil penumpang, sepeda motor, serta bus dan truk untuk pasar lokal maupun ekspor. Bahkan mereka juga ernah bikin pelek OZ Racing lho.

Pelek alloy produksi Pako Group
istimewa
Pelek alloy produksi Pako Group
“Standar kualitas produk kita cukup tinggi dan memenuhi standar mutu produk pelek di beberapa negara karena itu produk kita dipakai beberapa prinsipal mobil di luar negeri. Bahkan OZ Racing sempat membuat salah satu lineup peleknya di pabrik kami,” buka Davy Kurnia, Senior General Manager Marketing and R&D Styling Design Department Pako Group.

Pako Group sendiri sudah merintis bisnisnya sejak 1974 dengan fokus utama memenuhi kebutuhan velg OEM ke beberapa APM mobil di Tanah Air.

Sebut saja Toyota, Daihatsu, Isuzu, Mitsubishi, Honda, dan juga Lexus. Bahkan dengan aplikasi mesin-mesin canggih, bahan baku pilihan, serta SDM berkualitas, membuat Pako Group dipercaya jadi suplier pelek OEM ke beberapa produsen mobil di Jepang, Jerman, Hungaria, Malaysia, dan Thailand.

Pako Group mengklaim bisa bikin 2 juta pelek per tahun
istimewa
Pako Group mengklaim bisa bikin 2 juta pelek per tahun
Proses pembuatan pelek baik alloy maupun steel dikemas efisein. Bahkan untuk membuat 1 pelek alloy dari bahan mentah sampai jadi dibutuhkan sekurangnya 2 hari pengerjaan.

“Proses paling lama di pemanasan pelek alloy yang sudah terbentuk untuk menguatkan struktur dalamnya, dibutuhkan 8 jam agar pelek benar-benar solid,” kata Yeremia Dwi, Marketing Departement Head Pako Group.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa