Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rapor Penjualan Mobil Selama Januari 2020: Kendaraan Penumpang dan LCGC Naik, Komersial Anjlok

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 3 Maret 2020 | 17:15 WIB
Ilustrasi. Pameran mobil GIIAS 2019.
Istimewa.
Ilustrasi. Pameran mobil GIIAS 2019.

GridOto.com - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebanyak 79.983 unit kendaraan berhasil terjual secara wholesales (pabrik ke dealer) selama periode bulan pertama, atau tepatnya pada Januari 2020 kemarin di dalam negeri.

Jika diurai berdasarkan jenisnya, kendaraan penumpang mendominasi penjualan dengan mengumpulkan angka wholesales sebanyak 61.197 unit selama Januari 2020 kemarin.

Bisa dibilang terjadi kenaikan sebesar 7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dimana untuk segmen kendaraan penumpang hanya berhasil mengumpulkan angka wholesales sebanyak 57.089 unit.

(Baca Juga: Penjualan Meningkat, Intip Rapor Suzuki New Carry Pikap di Awal Tahun)

Hal senada juga berlaku pada segmen affordable energy saving cars (kendaraan murah ramah lingkungan/LCGC), yang mengalami kenaikan penjualan sebesar 1 persen dengan angka wholesales 17.056 unit. 

Sedangkan pada Januari 2019 lalu, segmen LCGC hanya mengumpulkan angka wholesales sebanyak 16.962 unit.

Namun, hasil yang kurang menggembirakan terjadi pada segmen kendaraan komersial, yang mengalami penurunan penjualan sekitar 25 persen dari periode yang sama tahun lalu.

(Baca Juga: All New Brio dan HR-V Laris Manis, Honda Tutup Januari 2020 dengan Angka Penjualan Mencapai Belasan Ribu Unit)

Selama Januari 2020 kemarin, segmen kendaraan komersial hanya mengumpulkan angka wholesales sebanyak 18.786 unit.

Sedangkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya, segmen ini berhasil mengumpulkan angka wholesales hingga mencapai 25.066 unit.

Begitu juga penjualan selama Januari 2020 kemarin, jika ditotalkan mengalami penurunan kurang lebih sebesar 3 persen dari Januari 2019 lalu, yang berhasil mengumpulkan wholesales sebanyak 82.155 unit.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa