Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Efek Virus Corona ke Industri Otomotif

Stok Komponen Masih Aman, Wuling Pastikan Virus Corona Belum Mengusik Aktivitas Produksinya di Indonesia

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 25 Februari 2020 | 08:05 WIB
Ilustrasi. Pekerja yang sedang bekerja di pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat.
Istimewa
Ilustrasi. Pekerja yang sedang bekerja di pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat.

GridOto.com - PT SAIC General Motors Wuling (Wuling Motors) pastikan wabah virus corona atau Covid-19 yang menyerang China dalam beberapa bulan terakhir, belum memberikan pengaruh signifikan terhadap aktivitas produksinya di Indonesia.

Brian Gomgom Simbolon, selaku Media Relations Wuling Motors mengungkapkan, hingga saat ini ketersediaan komponen atau suku cadang untuk membuat kendaraan di pabrikanya masih dalam kategori aman.

"Musti kami infokan lagi ke teman-teman, bahwa semua lini produk Wuling Motors yang ada di Indonesia itu diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Jadi kejadian di Tiongkok tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi yang ada di Indonesia," ujar Brian saat berada di kawasan Gianyar, Bali.

"Pabrik kami di Cikarang seluas 60 hektar, di mana 30 hektar untuk produksi dan 30 lagi untuk sparepart. Jadi ketersediaan dan stok untuk produksi masih aman untuk kami," imbuhnya, Senin (24/2/2020).

(Baca Juga: Punya Banyak Kesamaan, Wuling Motors Sponsori Bali United Selama Dua Musim!)

Meski begitu, Brian enggan merinci berapa lama pabrik produksinya di Indonesia bisa bertahan dari wabah virus corona yang menyerang negara asalnya tersebut.

Mengingat seluruh model kendaraan Wuling Motors yang diproduksi di Cikarang sebagian besar komponennya masih diimpor, atau belum sepenuhnya diproduksi secara lokal di Indonesia.

"Kandungan lokal masih sama dengan sebelumnya. Model yang diproduksi di Cikarang dengan tingkat kandungan lokal yang paling tinggi itu Wuling Confero, kalau enggak salah sudah menyentuh 60 persen," tutur Brian lagi.

"Tiap bulan nanti akan di-update (mengenai stok komponen di pabriknya), nanti dihubungi lagi," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa