Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebanyak 1.700 Km Jalan Provinsi di Jawa Barat Umur Konstruksinya Sudah Habis, Pengguna Jalan Bisa Kecele Karena Hal Ini

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 19 Februari 2020 | 16:43 WIB
Ilustrasi jalan rusak
Firman Suryaman / Tribun Jabar
Ilustrasi jalan rusak

GridOto.com - Jalan Provinsi di Jawa Barat sepanjang 1.735 Km sudah habis umur kontruksinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar, A. Koswara.

Jalanan dengan umur konstruksi yang sudah habis bisa menipu pengguna jalan karena bisa saja terlihat mulus, padahal bagian pondasi atau dasarnya sudah rusak.

"Itu sepanjang 1.735 km dari panjang total jalan provinsi sepanjang 2.360 km. Umur kontruksi jalan tersebut penanganannya di atas 10 tahun. Jadi, pembangunannya sudah lama yakni sejak 2009 sampai 2018 tak ada peningkatan jalan lagi," ujar Koswara.

(Baca Juga: Ingat Sob! Pemerintah Bisa Kena Sanksi kalau Abaikan Jalan Rusak)

Dia mengatakan, umur konstruksi tersebut disesuaikan dengan perencanaanya. Teknis pembangunan jalan tersebut akan dianalisis, apakah akan ditingkatkan dengan aspal atau beton.

Selain itu, umur kontruksi pun bisa dilihat dari historis penanganan namun untuk memulihkan jalan yang umurnya telah habis ini dananya cukup besar dan harus ada penanganan bertahap dan konsisten.

"Dikarenakan keterbatasan dana, kebanyakan yang sudah habis umur kontruksinya, dilakukan pemeliharaan saja jadi cepat rusak karena bawahnya sudah tak bagus," katanya.

Umur konstruksi jalan yang sudah habis itu membuat Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar rapat kerja dengan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang terkait hasil pemeriksaan LHP BPK RI.

(Baca Juga: Akses Jalan Rusak di Tungkep Purbalingga Sudah Makan Banyak Korban, Bupati Sampai Terjatuh Saat Mampir)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa