Aliran Audio Mobil Sound Pressure Level Alias SPL, Apa Sih Itu?

Radityo Herdianto - Jumat, 14 Februari 2020 | 20:00 WIB
Double subwoofer 10 inci memberi bass yang maksimal
Aditya Pradifta
Double subwoofer 10 inci memberi bass yang maksimal

GridOto.com - Membangun audio mobil menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian pemilik mobil yang memerhatikan kualitas suara.

Salah satu jenis aliran audio mobil yang dijadikan referensi saat membangun audio mobil adalah Sound Pressure Level (SPL).

Kalau belum paham, ini yang dimaksud dengan aliran Sound Pressure Level pada audio mobil.

"SPL mengutamakan suara below dan low frequency secara maksimal untuk menghasilkan suara bass yang padat," buka Ayong Jeo, CEO bengkel spesialis audio mobil Kramat Motor kepada GridOto.com.

Aliran audio SPL membutuhkan subwoofer dan woofer sebagai perangkat utama untuk mendukung hasil suara below frequency (Hz di bawah 0) dan low frequency.

Subwoofer Audio yang Dijual di Kiki Rotary Motor
Radityo Herdianto
Subwoofer Audio yang Dijual di Kiki Rotary Motor

(Baca Juga: Bagi Pecinta Audio Mobil, Kamu Harus Ketahui Nih Aliran Audio SQL)

Penggunaan subwoofer umumnya minimal sebanyak dua buah, semakin banyak jumlahnya semakin padat juga suara bass yang dihasilkan.

"Audio SPL pastinya akan menghasilkan vibrasi dan kepadatan suara yang besar untuk menghasilkan tekanan, apalagi tingkat kebisingannya bisa sampai 120 desibel," tekan Ayong.

Pengguna aliran audio SPL perlu mengatasi ini dengan pemasangan peredam yang hampir di seluruh bagian mobil dengan ketebalan semaksimal mungkin.

Tidak cukup di sektor peredam, bahkan struktur panel mobil juga wajib dirombak lebih rigid atau kaku untuk meminimalisir getaran dari frekuensi suara rendah yang besar.

"Prinsipnya suara bass yang dihasilkan harus bisa sepadat dan sekeras mungkin dengan vibrasi yang sekecil mungkin," tegas Ayong.

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa