Jangan Panik! Ini Tips Lewati Tanjakan Terjal "Off-road" Untuk Pemula

M. Adam Samudra - Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:35 WIB
Suzuki Jimny adalah salah satu mobil yang kerap dipakai off-road
Agus Salim
Suzuki Jimny adalah salah satu mobil yang kerap dipakai off-road

GridOto.com - Kondisi jalan tidak selamanya mulus, kadang pengemudi juga harus berhadapan dengan permukaan tidak rata mulai dari kadar ringan sampai menjurus off-road.

Beda seperti di aspal, berkendara di medan off-road membutuhkan mengemudi dengan cara pandang lain.

Reza Hariputra, pegiat off-road sekaligus founder Smart Offroading saat dimintai tips berkendara aman melintasi rintangan seperti itu menjelaskan setidaknya ada beberapa hal yang harus diketahui pengemudi.

"Sebelum menaiki tanjakan yang pertama kita perlu lakukan survei terlebih dahulu melihat medannya seperti apa, miringnya seperti apa, sudutnya berapa, derajat dan diujung tanjakan ada apa. Setelah kita survei, hasil survei kita sesuai gak dengan kendaraan yang kita bawa," kata Reza kepada GridOto.com di Jakarta Selatan, Sabtu (25/1/2020).

(Baca Juga: Main Off-road Gak Asal Sembarangan Sob, Yuk Intip dari Sisi Keselamatannya)

Pria ramah ini melanjutkan, agar pengendara disarankan jangan sesekali memindahkan perseneling pada saat tanjakan.

"Kalau bisa jangan sampai kita salah saat memindahkan gigi. Jadi jangan sampai ditengah-tengah tanjakan kemudian kita mengover. Karena begitu kita mengover dan menginjak kopling pasti mobil tersebut akan meluncur deras ke bawah," pesannya.

"Jangan sampai salah pemilihan gigi dari awal karena akan mengakibatkan kita gagal bergerak atau malah ingin mengover di tengah tanjakan sangat berbahaya sekali. Dan ingat ketika kita mundur karena gak kuat jangan sampai mundur pakai gigi maju, tetap pakai gigi mundur anggap saja kita lagi ingin mau turun tapi arahnya berbeda," sambung pemilik Toyota Land Cruiser VX 80 spek off-road ini.

Reza Hariputra, pegiat off road sekaligus founder Smart Offroading
Adam Samudra
Reza Hariputra, pegiat off road sekaligus founder Smart Offroading

Kedua, pengemudi wajib tahu spesifikasi kendaraan yang dikemudikan.

(Baca Juga: Weekend Bertema Offroad, Astra Motor Jateng Ajak Komunitas Trabasan dan Nonton MXGP)

Beberapa hal yang wajib diketahui, penggerak depan, belakang, atau semua roda dan ground clearance. Tidak kalah penting, besaran tenaga dari mesin berikut torsi.

"Dan untuk kendaraan 4X4 biasa paling tidak kemiringan maksimumnya 40 derajat. Jadi dari bawah kita sudah merayap ke atas," ucapnya.

Editor : Eka Budhiansyah

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa