Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banjir Lagi, Banjir Lagi

Waspada Banjir Lagi, Ini Cara Terjang Banjir yang Aman Kalau Terpaksa

Radityo Herdianto - Senin, 27 Januari 2020 | 08:59 WIB
Ilustrasi Mobil Terjang Banjir
Rianto Prasetyo
Ilustrasi Mobil Terjang Banjir

GridOto.com - Hujan deras kerap mengguyur sebagian besar wilayah di Jakarta pada Januari 2020.

Curah hujan cukup tinggi menyebabkan sejumlah ruas jalan utama di Jakarta mengalami banjir dengan ketinggian genangan air cukup tinggi.

Bila dalam kondisi yang tidak memungkinkan dan terpaksa, berikut tips terjang banjir yang aman.

"Idealnya sebelum menerjang banjir, pastikan ketinggian genangan air maksimal 30 cm atau terlihat setengah ban mobil," ungkap Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada GridOto.com.

Jika lebih dari 30 cm, disarankan untuk tidak nekat menerjang banjir karena akan menyebabkan kerusakan yang tidak seharusnya.

Ilustrasi Mobil Terjang Banjir
Rianto Prasetyo
Ilustrasi Mobil Terjang Banjir

(Baca Juga: Head Unit Mobil Rusak Karena Terendam Banjir, Apakah Bisa Diperbaiki?)

Menurut Sony, bisa dikatakan banjir bila ketinggan air mencapai 30 cm ke atas, sedangkan mobil dirancang untuk bisa melewati genangan air, tetapi tidak untuk melewati banjir.

Saat mulai menerjang banjir, pastikan kecepatan mobil lambat dan konstan untuk mencegah efek ombak yang bisa berpotensi masuk ke air intake mesin sampai menyebabkan water hammer.

"Kecepatan lambat dan konstan juga bisa memberi peluang untuk menghentikan kendaraan dan bersiap putar balik kalau pengemudi ragu ketinggian air semakin naik," jelas Sony.

Kalau ketinggian air dirasa aman, pastikan visual pengemudi tidak terganggu dengan memanfaatkan objek seperti tiang atau pohon untuk melihat batas jalan terpinggir.

"Jaga jarak dengan objek di depan sesuai kecepatan tempuh, misalkan 20 km/jam berarti jaga jarak aman 20 meter," tutup Sony.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa