Enggak Perlu Khawatir, Ternyata Ada Tempat Putar Arah di Underpass Yogyakarta International Airport

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 23 Januari 2020 | 11:43 WIB
Underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Kementerian PUPR
Underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

GridOto.com - Disebut-sebut sebagai underpass terpanjang di Indonesia, sejumlah fasilitas pendukung dan struktur Underpass Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mulai dibuka untuk publik.

"Struktur (underpass) ini dibangun dengan lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter, dan samping 18,4 meter. Adapun jalur di dalam underpass ini terbagi menjadi empat lajur dengan satu pembatas di dalamnya," papar M Syidik Hidayat, dari Satker PJN Kementrian PUPR Wilayah DIY, dikutip dari TribunJogja.com, Rabu (22/1/2020).

Beberapa fasilitas lain pun melengkapi underpass YIA yang akan diujicoba dalam beberapa hari ke depan.

Di antaranya adalah fasilitas Darurat ataupun emergency berupa pintu keluar darurat dan beberapa titik yang bisa digunakan untuk putar arah.

"Jadi ada empat titik yang dapat digunakan untuk putar balik di dalam underpass YIA, dan itu peruntukannya hanya digunakan dalam keadaan darurat," jelasnya.

(Baca Juga: Underpass Terpanjang di Indonesia Dirampungkan Lebih Cepat, Diharapkan Bantu Arus Lalu Lintas Natal dan Tahun Baru 2020)

Di sisi lain, Lanjutnya, ada pula pintu darurat yang terhubung langsung dengan bandara YIA.

"Pintu ini pun hanya bersifat one way atau hanya bisa dibuka dari dalam underpass," tuturnya.

Selain itu, dalam underpass tersebut dilengkapi juga dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya.

"Adapun rumah pompa yang disediakan ini berfungsi untuk mengantisipasi jika terdapat genangan air di dalam underpass," jelasnya.

Selain fasilitas darurat tersebut, underpass dengan panjang mencapai 1,4 kilometer ini juga dihiasi dengan ornamen-ornamen di dalamnya.

"Di sisi kanan dan kiri terowongan dihias ornamen schenography tari Jathilan dan tari Angguk," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Ternyata Ada Tempat Putar Arah di Underpass Yogyakarta International Airport

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : TribunJogja.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa