Seken Keren: Sejarah Nissan Elgrand E51, Saingan Alphard Yang Dulu Masuk Indonesia Lewat Jalur 'Tak Resmi'

Harun Rasyid - Sabtu, 18 Januari 2020 | 20:10 WIB
Ilustrasi Nissan Elgrand E51 Highway Star
Ilustrasi Nissan Elgrand E51 Highway Star

GridOto.com - Berbicara soal Multi Purpose Vehicle (MPV), memang merek Nissan di Indonesia tak setenar dengan merek Jepang lainnya seperti Toyota atau Honda.

Namun Nissan bukan berarti tak punya MPV keren yang bersaing dengan merek Jepang lainnya.

Di kelas premium, Nissan memiliki Elgrand sebagai MPV yang secara desain terbilang cukup memukau.

Nissan Elgrand pertama kali diluncurkan tahun 1997 di Jepang, Elgrand generasi pertama dengan kode model E50 ini diproduksi dari rentang tahun 1997 sampai tahun 2002.

(Baca Juga: Ragam Gaya Modif Nissan Elgrand 2019, Dari Elegan Sampai Pakai Pelek 20 Inci)

Selanjutnya, Elgrand generasi kedua (E51) juga lahir di tahun 2002 sampai 2010, yang mana di antara tahun tersebut, tepatnya 2007 Nissan Elgrand dengan tipe Highway Star masuk ke Indonesia lewat jalur Importir Umum (IU).

Pada tahun 2000-an tersebut, Luxury MPV CBU lainnya yaitu Toyota Alphard atau Honda Elyssion juga dihadirkan IU dan akhirnya bersaing dengan Nissan Elgrand Highway Star di segmen tersebut.

Akhirnya di tahun 2011, Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai agen tunggal pemegang merek Nissan resmi memasukkan Elgrand untuk pasar Indonesia.

Dibagian kabin, Elgrand generasi kedua tersebut dibekali panel interior mewah dengan balutan material kayu, jok dengan material kulit yang adjustable meski masih menggunakan tuas manual karena belum menggunakan tombol elektrik.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa