Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Telan Biaya Investasi Rp 15,3 Triliun, Tol Semarang-Demak Seksi II Bakal Rampung Duluan dari Seksi I

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 6 Januari 2020 | 10:10 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol
Ilustrasi pembangunan jalan tol

GridOto.com - Proyek tol Semarang-Demak seksi II diprediksi akan selesai lebih dulu.

Seksi II yang terdiri dari ruas Sayung-Demak itu sudah kontrak dan memasuki kosntruksi pada 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jawa Tengah, Hanung Triyono, mengatakan secara hukum atau formal proyek tersebut sudah mulai pada 2019.

"Sudah terbentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh konsorsium PT PP (Persero), PT Wijaya Karya (WIKA) dan PT Misi Mulia Metrical yang diberi nama PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak," kata Hanung, dikutip dari TribunJateng.com, Minggu (5/1/2020).

Menurutnya, pekerjaan yang sudah terlelang lebih dulu yakni dari sisi Sayung ke Demak atau seksi dua terlebih dulu ketimbang seksi satu dari Semarang-Demak.

(Baca Juga: Dibangun di Laut, Jalan Tol Semarang-Demak Terkendala Pembebasan Lahan, Memang Siapa yang Punya Lahan di Laut?)

Rencananya, pembangunan seksi dua ini tidak seperti seksi satu yang dibangun di tepi laut dan sekaligus berfungsi tanggul laut.

"Seksi dua ini dibangun bukan di pantai, tidak seperti seksi satu," jelasnya.

Proyek Jalan Tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer menelan biaya investasi sebesar Rp 15,3 triliun ini akan terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut Kota Semarang.

Konsorsium bertugas menggarap seksi II sepanjang 16,31 kilometer dengan total investasi Rp 5,6 triliun dengan masa konsesi selama 35 tahun.

Tanggul laut sengaja dibangun bersama dengan tol ini guna mengantisipasi terjadinya banjir rob dan penurunan muka tanah atau land subsidence di kawasan sekitar

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Kabar Gembira, Tol Semarang-Demak Seksi 2 Diprediksi Rampung Terlebih Dahulu

Editor : Fendi
Sumber : TribunJateng.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa