Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Natal dan Tahun Baru 2020

Menhub Imbau Pemudik Libur Nataru Pilih Bus yang Sudah Melakukan Pengecekan

M. Adam Samudra - Senin, 23 Desember 2019 | 09:57 WIB
Ilustrasi terminal bus
wartakota.tribunnews.com
Ilustrasi terminal bus

GridOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat  untuk memilih bus yang sudah dilakukan ramp check atau inspeksi. 

"Pada kesempatan ini saya ingin berpesan kepada para masyarakat yang ingin berwisata, carilah bus, baik bus pariwisata maupun bus AKAP, yang sudah di-ramp check," ujar Budi Karya di Jakarta, Senin (23/12/2019).

"Hal ini untuk keselamatan. Bus yang sudah di-ramp check bisa dilihat dari stiker yang terpasang di kaca depan bus," sambungnya.

Di Terminal Kampung Rambutan, Menhub Budi mengecek beberapa fasilitas pelayanan, seperti posko kesehatan, loket tiket bus, mengecek kondisi bus dan juga berinteraksi dengan sejumlah penumpang bus.

(Baca Juga: Begini Cara Kemenhub Kurangi Angka Kecelakaan Saat Natal dan Tahun Baru 2020)

Budi meminta, posko kesehatan di terminal mengecek seluruh pengemudi yang akan berangkat, untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat jasmani.

Pengecekan kesehatan untuk pengemudi antara lain gula darah, darah tinggi, bebas narkoba dan alkohol.

Dirinya mendapatkan laporan bahwa, pada libur Nataru tahun ini penjualan tiket tujuan Palembang meningkat dua kali lipat dari biasanya.

Bukan hanya Palembang, berbagai tujuan di Pulau Jawa juga meningkat.

(Baca Juga: Anak Lahir di Ambulans, Orang Tuanya Kasih Nama Amdes, Nama dari Mobil Ini)

Hal ini menandakan bahwa masayarakat masih memilih bus menjadi transportasi andalan mereka untuk mudik ke kampung halaman.

"Saya catat penumpang Palembang naik dua kalilipat tandanya memang masyarakat mengharapkan adanya jalan tol untuk menggunakan bus. Ini sesuai prediksi kami,” jelas Menhub.

Budi mengungkapkan, kapasitas bus yang ada di Kampung Rambutan masih dapat mengatasi adanya lonjakan penumpang tersebut.

“Alasan lain masyarakat memilih bus menjadi transportasi andalan adalah karena memiliki keunggulan, point-to-point," paparnya.

"Yaitu langsung dapat mengantarkan masyarakat ke tempat tujuan sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan cost lebih,” ungkap Menhub.

Ke depannya, Kemenhub akan membuat sistem e-ticketing untuk bus tujuan jarak jauh di Terminal Kampung Rambutan agar masyarakat bisa lebih mudah merencanakan perjalanan.

Namun untuk tujuan dekat seperti daerah Jawa Barat, masyarakat masih bisa membeli langsung di loket pada waktu yang sama (go show).

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa