Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tol Layang Japek Ajrut-ajrutan, Gak Semua Mobil Cocok Melintasi

Trybowo Laksono - Selasa, 17 Desember 2019 | 07:00 WIB
Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek II
Trybowo Laksono
Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek II

GridOto.comJalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II telah resmi dibuka dan kini para pengguna mobil sudah bisa menikmatinya.

Setidaknya sampai libur Natal dan Tahun Baru , jalan tol layang (elevated) yang kerap disingkat Japek II (Jakarta-Cikampek) ini bisa dicicip secara gratis baik yang arah Cikampek maupun Jakarta.

Secara fisik, permukaan jalan tol Japek II memang bergelombang, jauh lebih bergelombang dibanding jalan tol Jakarta-Cikampek yang berada tepat di bawahnya, dan berdiri di atas permukaan tanah.

Nah, karena bergelombang, para pengendara yang melintas di jalan tol Japek II disarankan untuk melajukan mobil tak lebih dari 60 km/jam.

Saat kami menguji lintas menggunakan Mitsubishi Eclipse Cross (16/12), karakter suspensi Eclipse Cross yang kaku kian menegaskan hal tersebut.

Baca Juga: Bumpy di Jalan Tol Layang Japek Cukup Menggangu, Segini Jarak Antar Sambungannya

Guncangan terasa kuat akibat permukaan yang tak rata, dan itu semakin parah kala ban melindas sambungan jalan (expansion joint).

Kami menduga jika mobil yang digunakan punya karakter suspensi dan sasis lebih kaku semisal Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport, maka permukaan bergelombang itu kian membuat penumpang tak nyaman.

Idealnya memang yang melintas adalah sedan atau hatchback, dengan sasis monokok dan set suspensi yang berorientasi pada kenyamanan.

Toyota Camry 2.5 V
Rianto Prasetyo
Toyota Camry 2.5 V

Kami yakin jika melintas menggunakan sedan sekelas Toyota Camry, atau lebih tinggi lagi semisal BMW Seri 5 atau bahkan Mercedes-Benz S-Class, maka faktor jalan tak rata tidak akan sampai merusak kenyamanan.

Dengan catatan, mobil melaju di kecepatan yang dianjurkan yakni 60-80 km/jam.

Video uji lintas tol Japek II oleh kru GridOto:

Editor : Trybowo Laksono

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa