BPJT Sebut Tol Manado-Bitung Bisa Digunakan Fungsional Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Shafly - Senin, 9 Desember 2019 | 20:03 WIB
Ilustrasi Jalan Tol Manado-Bitung
Jasa Marga
Ilustrasi Jalan Tol Manado-Bitung

GridOto.com - Menjelang musim libur natal dan tahun baru (Nataru), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terus mempersiapkan sejumlah ruas tol baru agar bisa digunakan.

Ketersediaan tol ini dianggap penting, karena diperkirakan selama periode Nataru 2019 lonjakan pengguna jalan tol mencapai 40 hingga 60 persen.

Salah satu ruas tol yang dipersiapkan untuk Nataru 2019 ini adalah tol Manado-Bitung, yang disebut akan dibuka fungsional saat Nataru nanti.

(Baca Juga: Pekan Ini Diresmikan, Berapa Tarif Tol Layang Jakarta - Cikampek II?)

"Kami hanya merekomendasikan untuk fungsional yang seksi 1 bagian dari pemerintah. Kalau yang lain belum dan juga jaraknya pendek," kata Danang Parikesit, Kepala BPJT, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Jalan tol Manado-Bitung ini memiliki panjang 39 km, yang terbagi atas seksi 1A Ring Road Manado-Sukur (7 km), lalu seksi 1B Sukur-Air Madidi (7 km).

Selanjutnya, Seksi 2A Air Madidi-Danowudu (11,50 km) dan Seksi 2B Danowadudu-Bitung (13,50 km).

(Baca Juga: Pekan Ini Diresmikan, Berapa Tarif Tol Layang Jakarta - Cikampek II?)

Danang mengatakan, tol Manado-Bitung tidak termasuk dalam perencanaan peresmian tol yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi, di tahun ini.

Ia juga menjelaskan, ruas tol yang akan segera diresmikan Jokowi di penghujung tahun 2019 ini adalah tol layang Jakarta Cikampek II, dan Balikpapan - Samarinda.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa