Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Terjadi Kecelakaan, Jalur Penyelamatan dan Perbaikan Geometri Jalan di Tanjakan Emen Mulai Dikerjakan

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 7 Desember 2019 | 08:51 WIB
Ilustrasi: Turunan dan tikungan tajam di Tanjakan Emen, lokasi kejadian kecelakaan bus yang menewaskan 27 orang, Sabtu (10/2/2018).
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Ilustrasi: Turunan dan tikungan tajam di Tanjakan Emen, lokasi kejadian kecelakaan bus yang menewaskan 27 orang, Sabtu (10/2/2018).

GridOto.com - Jalur penyelamatan dan perbaikan geometri jalan sedang dikerjakan di Tanjakan Emen dan Turunan Emen di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sejumlah kecelakaan maut kerap kali terjadi di kawasan itu.

"Tujuannya untuk meminimalisir resiko kecelakaan di kawasan tersebut," ujar Aan Heryadi,  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek itu dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (6/12/2019).

Jalur penghubung Subang itu jika dilewati dari arah Bandung, berupa turunan tajam mulai dari pintu masuk wisata Tangkuban Perahu hingga kawasan wisata Sariater.

Adapun dari arah Subang, jalurnya menanjak.

(Baca Juga: Hii Serem! Begini Kondisi Tanjakan Emen Menurut Pandangan Panglima Langit)

"Di turunan tajam itu, kami bangun jalur penyelamatan. Yang sudah dibangun baru satu, lokasinya di sebelum tikungan Cicenang. Dua jalur penyelamatan lainya sedang dibangun di dua titik sebelumnya," katanya.

Selain membangun jalur penyelamatan, pihaknya juga memperbaiki geometri jalan.

Seperti pelebaran jalan di sepanjang kurang dari 2 km.

"Jadi ada pelebaran jalan sepanjang kurang dari 2 km. Termasuk di tikungan-tikungan tajam di sepanjang jalur itu," kata Aan.

"Jadi misalnya, dari tikungan yang sebelumnya tajam, kini jadi lebih lebar dan tidak terlalu tajam. Pelebarannya mulai dari 1 hingga 3 meter," tambahnya.

Editor : Hendra
Sumber : TribunJabar.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa