Banyak Diminati dan Dipakai di Mobil, Ini Kelebihan Ban Radial

Radityo Herdianto - Kamis, 5 Desember 2019 | 19:00 WIB
Ban Radial Hankook
Radityo Herdianto
Ban Radial Hankook

GridOto.com - Ban radial menjadi jenis ban mobil yang cukup banyak ditemukan dan umum dipakai di mobil sebagai ban standar pabrik.

Dianggap memiliki banyak kelebihan, pemilik mobil lebih cenderung memilih jenis ban radial saat mengganti ban mobil sebelumnya.

"Pada dasarnya struktur ban radial menggunakan rangka atau casing yang terbuat dari kawat baja yang disusun secara melintang atau radial," jelas Ahmad Juweni, Senior Sales Manager PT Hankook Tire Indonesia kepada GridOto.com.

Saat diberi beban, konstruksi ini membuat tapak ban lebih sempurna dan seluruhnya menempel pada permukaan jalan yang memberikan daya cengkeram lebih baik.

Konstruksi rangka ban yang sebagian besar terbuat dari material baja juga memberikan efek usia pakai ban radial yang jauh lebih lama.

Alur Pada Tapak Ban Radial Hankook
Radityo Herdianto
Alur Pada Tapak Ban Radial Hankook

(Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Pecah Ban Mobil Ketika Sedang Berkendara)

"Karena material baja lebih cepat melepas panas, sehingga material karet ban tidak mudah getas," tegas Ahmad.

Tidak hanya bikin awet, material baja yang digunakan sebagai rangka juga membuat struktur ban lebih kokoh.

Ketika ban berbelok dengan membawa beban, dinding ban cenderung kaku dan tidak lentur atau amblas yang meningkatkan pengendalian saat mobil bermanuver.

"Penggunaan belt atau sabuk empat lapis pada ban radial membuat area tapak ban lebih kuat terhadap benda tajam," ujar Ahmad.

Selain tapak ban menjadi lebih kuat, empat lapis belt mampu meredam getaran saat bergesekkan dengan permukaan jalan untuk performa kenyamanan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa