Bagian Ini Ternyata Punya Peran Penting di Ban Mobil Tubeless

Radityo Herdianto - Rabu, 18 September 2019 | 12:00 WIB
Bead yang Merupakan Bibir Ban Mobil
Radityo Herdianto
Bead yang Merupakan Bibir Ban Mobil

GridOto.com - Sebagian besar mobil produksi sekarang sudah menggunakan ban mobil jenis tubeless sebagai standar.

Ternyata ada bagian yang cukup vital dan jarang diperhatikan pemilik mobil pada bagian ban mobil jenis tubeless, yaitu Bead.

"Bead merupakan bagian bibir dari ban mobil yang menjadi pondasi ban pada pelek mobil saat dipasang," buka Aris Munandar, Senior Manager Hankook Tire Indonesia kepada GridOto.com (17/9).

Bagian bead ban mobil tubeless terbuat dari gulungan kawat tembaga yang dirangkai menjadi kumpulan gulungan sebagai rangka dasar.

Gulungan kawat tembaga tersebut kemudian diberi lapisan material karet yang kemudian dilapisi kembali dengan lembaran karet dinding ban.

Bagian Bead pada Ban Mobil Tubeless
Radityo Herdianto
Bagian Bead pada Ban Mobil Tubeless

(Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Pecah Ban Mobil Ketika Sedang Berkendara)

"Struktur ini harus dibuat sekuat mungkin karena menjadi kunci atau pengait saat ban mobil terpasang pada pelek," tegas Aris.

Meningat ban tubeless mengandalkan struktur ban utuh, angin disimpan langsung di antara rongga dalam ban mobil dan permukaan pelek.

Kalau bagian bead ini lemah, ban mobil berpotensi lepas dari peleknya saat dalam pemakaian dan ban mobil akan langsung kehilangan tekanan angin.

"Dalam proses pembuatan ban mobil, tentu bagian bead ini harus diperhatikan dan jangan sampai cacat produksi," tutup Aris.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa