Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Listrik Seret Produsen dan Konsumen Ke Tepi Jurang, Siapa Yang Terjuan Duluan?

Harun Rasyid - Senin, 2 Desember 2019 | 14:00 WIB
Toyota LQ, proyek mobil listrik Toyota
Iday
Toyota LQ, proyek mobil listrik Toyota

GridOto.com - Dianggap bisa menyelesaikan permasalahan polusi akibat emisi kendaraan konvensional, hadirnya mobil listrik ternyata tak langsung diterima oleh masyarakat.

Selain faktor harga, fasilitas juga menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli mobil listrik.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, sebetulnya mobil listrik ini membawa produsen dan konsumen bagaikan di tepi jurang.

"Produsen dan konsumen sekarang seperti ada di tepi jurang siapa yang mau duluan terjun. Apakah produsen mau buat mobil listrik atau konsumen yang sudah mau beli," ujar Soerjo, Selasa (26/11/2019).

(Baca Juga: Apakah Mobil Listrik Akan Laris Jika Harganya Setara Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander?)

"Atau ada pihak ketiga yang bikin jembatan yang menghubungkan keduanya dengan membangun fasilitas yang dibutuhkan mobil listrik. Jadi produsen mau berinvestasi lebih banyak, konsumen mau beli karena bisa ngecas dimana-mana," terang Soerjo.

Soerjo mengungkapkan, selain menjual produsen mobil listrik juga harus memperhatikan technical support-nya ke konsumen.

"Produsen juga jangan jual produknya saja, tapi technical support juga yaitu mekanik-mekanik yang bisa memperbaiki kerusakan mobil listrik terutama untuk konsumen fleet seperti Transjakarta. Jadi bukan hanya fasilitas aja," ungkap Soerjo.

Dari topik yang selama ini beredar memang jarang produsen atau pihak instansi terkait membicarakan soal technical support yang penting untuk diketahui masyarakat umum.

(Baca Juga: Enggak Egois, Volkswagen ID. Charger Bisa Dipakai Buat Ngecas Mobil Listrik Merek Lain Lho!)

"Selama acara tadi gak ada ini yang bahas, tapi Technical support ini malah justru datang dari pengguna mobil yang mempertanyakan bagaimana dukungan perbaikan mobil listrik, mekaniknya dimana?," tutup Soerjo yang ditemui dalam acara Electrical Vehicle Indonesia Forum & Exhibiton 2019 di Jakarta.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa