Masuk Industri Kendaraan Listrik, Pertamina Akan Buat Baterai Berstandar Internasional

Harun Rasyid - Minggu, 1 Desember 2019 | 16:57 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Kompas.com
Ilustrasi SPBU Pertamina

GridOto.com - Dikenal sebagai produsen bahan bakar minyak untuk kendaraan di Indonesia, Pertamina kini menghadapi tantangan baru di masa depan terkait kendaraan bermotor listrik.

Demi mendukung program pemerintah soal percepatan elektrifikasi kendaraan demi mengurangi emisi, Pertamina akan beralih ke bisnis baterai dan charging kendaraan listrik.

Heru Setiawan, Director of Investment Planning & Risk Management PT Pertamina mengatakan jika pihaknya akan membangun pabrik baterai cell.

"Pertamina akan ikut masuk ke bisnis kendaraan listrik dengan membangun industri baterai cell yang terdiri dari dua skenario," kata Heru, Selasa (26/11/2019).

(Baca Juga: Energi Terbarukan Makin Marak, Pertamina Gencar Kembangkan Bisnis EBT)

"Yang pertama kami bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia yang pernah membuat baterai lithium ion. Prioritas yang kedua adalah bekerja sama dengan pihak pembuat baterai kendaraan listrik yang sudah punya market global," lanjut Heru.

Heru mengungkapkan, baterai yang dibuat Pertamina harus berstandardisasi internasional.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa