Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenperin Targetkan Indonesia Jadi Pusat Kendaraan Listrik di ASEAN

M. Adam Samudra - Jumat, 29 November 2019 | 20:30 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan sambutan pada pembukaan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Motorbike Expo 2019
Adam Samudra
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan sambutan pada pembukaan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Motorbike Expo 2019

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) targetkan Indonesia bisa menjadi pusat kendaraan Listrik di ASEAN.

Hal itulah disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike Expo 2019 di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Agus menyebutkan, dari sisi penjualan motor secara nasional sejak 2010 sampai 2018 telah mencapai rata-ata di atas 6,5 juta unit per tahun.

Hal ini membawa dampak positif, karena banyak industri komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi tersebut.

(Baca Juga: Kemenperin Sebut Penyebab Berhentinya Produksi Datsun di Indonesia Tahun Depan)

“Dapat saya sampaikan, produksi motor periode Januari-Oktober 2019 tercatat sebanyak 6,2 juta unit, di mana penjualan domestik sebesar 5,5 juta unit dan ekspor sebesar 682 ribu unit,” kata Agus.

"Adapun negara utama tujuan ekspor motor dari Indonesia di antaranya ke Filipina, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Vietnam, Jepang, Eropa Barat dan Amerika Latin," sambungnya.

Ia menilai, Pemerintah mentargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional, atau sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025 adalah motor listrik.

Dari jumlah tersebut, diharapkan terjadi peningkata hingga tahun 2029.

(Baca Juga: Support Produksi Komponen Otomotif, Kemenperin 'Kawinkan' IKM dengan Industri Skala Besar)

Sehingga, pada 2030 Indonesia diproyeksikan menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN

“Untuk merealisasikan target tersebut, kami secara agresif mengajak para produsen otomotif agar membuka kegiatan produksi di Indonesia," ucapnya.

"Pemerintah yakin bahwa Indonesia memiliki banyak keunggulan pada sektor otomotif, sehingga target pada tahun 2030 tersebut, bukan hal yang mustahil untuk dicapai,” tegas Menperin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa