Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waktu Perjalanan Jadi 4 Jam, Tol Palembang-Lampung Diprediksi Dipadati Pemudik Pada Libur Natal

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 28 November 2019 | 14:30 WIB
Ilustrasi Tol Palembang
Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Ilustrasi Tol Palembang

GridOto.com - Beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Lampung-Palembang, diprediksi bakal membuat pemudik lebih banyak menggunakan jalur darat pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

Hal tersebut disebabkan karena jarak tempuh menjadi jauh lebih cepat, sekaligus mengurangi biaya mudik bila dibandingkan menggunakan pesawat terbang.

Apalagi pemudik di daerah kabupaten di luar Palembang, tak perlu lagi mampir ke Palembang, bisa langsung ke kampung halaman.

Kepala Dishub Sumsel Nelson Firdaus mengatakan, pihaknya memprediksi dengan dibukanya jalan tol membuat pemudik lebih memilih balik ke kampung halaman melalui jalan bebas hambatan tersebut.

(Baca Juga: Finishing Tol Palembang-Kayuagung Selalu Molor, Ini Penyebabnya)

Pasalnya, dengan adanya jalan tol tersebut membuat jarak tempuh Palembang-Lampung atau sebaliknya kini dapat ditempuh hanya dengan waktu empat jam.

Sebelumnya jarak tempuh antara dua provinsi ini bisa memakan waktu 10-12 jam lamanya, itupun jika tak ada kemacetan panjang.

Kendati mengalami peningkatan pada angkutan darat pada Natal dan tahun baru nanti, namun Nelson memprediksi peningkatannya tidak akan terlalu signifikan seperti pada libur lebaran.

"Kalau libur Lebaran itu kan waktunya panjang, beda dengan Natal dan tahun baru. Jadi lonjakan mungkin tidak terlalu signifikan," terang Nelson, dikutip dari Sripoku.com, Rabu (27/11/2019).

(Baca Juga: Tol Palembang - Pematang Panggang Dibuka Sampai Gerbang Jakabaring)

Selain itu, dalam masa angkutan Nataru pihaknya juga menyiapkan posko pengamanan yang berfungsi membantu kepolisian dalam mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan.

Pihaknya dalam waktu dekat juga akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Dishub di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel untuk menghadapi pemudik saat Nataru nanti.

“Untuk personel Dishub yang disiagakan belum dipastikan jumlahnya, karena belum dirapatkan. Yang jelas, petugas di lapangan disarankan tidak menambil cuti pada Nataru," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Dibukanya Tol Palembang-Lampung, Pemudik Lewat Jalur Darat Diprediksi Meningkat Pada Libur Natal

Editor : Fendi
Sumber : Sripoku.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa