Low Deck Bus Beroperasi di Semarang, Ramah untuk Difabel, Ibu Hamil, dan Manula?

Latifa Alfira Ulya - Sabtu, 16 November 2019 | 08:54 WIB
Low deck bus BRT Trans Semarang
TribunJateng.com/Eka Yulianti Fajrin
Low deck bus BRT Trans Semarang

GridOto.com - Beberapa waktu yang lalu BRT Trans Semarang memperkenalkan low deck bus Scannia chassis K250 UB-4x2.

Low deck bus atau bus pijakan rendah ini sudah mulai uji coba beroperasi di Koridor I rute Mangakang-Pengaron mulai Senin lalu (11/11/2019).

Founder Komunitas Peduli Transportasi Kota Semarang, Theresia Tarigan mengatakan bahwa uji coba low deck bus itu merupakan langkah yang baik untuk mobilitas masyarakat berkebutuhan khusus, manula, ibu hamil, ibu yang menggendong anak, dan anak-anak.

Pasalnya, desain pintu bus yang rendah dan sejajar dengan pejalan kaki bisa berfungsi mencegah penumpang terpeleset saat turun maupun menaiki bus.

(Baca Juga: Mau Naik Bus TransJakarta Cuma Rp 2.000. Ini Triknya!)

"Semoga segera dapat diupayakan peremajaan Bus Trans Semarang menjadi low deck sehingga paling tidak sementara sudah kombinasi low deck dan bus tinggi," ujar Theresia seperti yang dikutip dari TribunJateng.com.

Ia berpendapat, perlu penyediaan ramp untuk kursi roda sehingga para pengguna kursi roda dapat naik turun bus dengan mudah.

Selain itu ia menyarankan agar informasi audio visual di dalam low deck bus juga ditambah untuk memudahkan para penumpang tunga rungu maupun tuna netra.

"Uji coba low deck bus ini tidak sekedar menjadi populer tapi memang sebuah komitmen untuk Kota Semarang dan untuk tujuan menekan penggunaan kendaraan pribadi," paparnya.

(Baca Juga: 15 Bus TMB Koridor V Diluncurkan, Wakil Wali Kota Bandung Jajal Mengemudikan, Catat Nih Rute dan Tarifnya!)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Tribunjateng.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa