Cara Menyikapi Pengguna Jalan yang Suka Serobot Jalur Lain Seenaknya

Dia Saputra - Senin, 4 November 2019 | 16:05 WIB
Ilustrasi berkendara yang benar di jalan raya, lengkap dengan perlengkapan berkendara yang lengkap seperti helm, jaket dan sarung tangan.
Astra Motor Jateng
Ilustrasi berkendara yang benar di jalan raya, lengkap dengan perlengkapan berkendara yang lengkap seperti helm, jaket dan sarung tangan.

GridOto.com - Sebagai penguna jalan dan sering bepergian, terkadang kita menjumpai kendaraan yang tiba–tiba berubah jalur dari kiri ke kanan.

Yang bisa membuat kita kesal dan bisa membahayakan pengguna jalan lain disekitarnya.

Hal tersebut disebabkan karena terhalang kendaraan yang melambat atau berhenti di depannya.

(Baca Juga: Ratusan Pengendara Ditilang Polisi Lamongan di Operasi Zebra, Ini Pelanggaran yang Terbanyak)

Kejadian semacam ini sering kita jumpai di kawasan yang padat dengan aktivitas ekonomi seperti pasar, supermarket, pabrik, perkantoran hingga area sekolah, universitas dan lainnya.

Nah bagaimana jika kita menghadapi permasalahan semacam ini di jalan?

Oke Desiyanto, selaku Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah (Jateng) menjelaskan beberapa hal untuk menghadapi situasi semacam ini agar tidak berbahaya bagi kita di jalan.

"Sesama pengguna jalan kita harus menjunjung etika berlalu lintas yang sopan dalam menggunakan jalan umum," jelas Oke kepada GridOto.com.

(Baca Juga: Baru Dibuka, Tol Pandaan-Malang Seksi IV Masih Sepi Pengendara)

Artinya, tidak semena-mena mengubah arah kendaraan tanpa memperhatikan sekitar yang bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Semisal kita sedang berada di jalur kanan dan ada pengendara motor dari jalur kiri yang tiba-tiba menyerobot jalur kita, sontak kita akan kaget dan kesal.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Astra Motor Jateng

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa