Selain Karena Cacat Produksi, Setang Piston Bisa Putus Gara-Gara Ini

Ryan Fasha - Selasa, 5 November 2019 | 15:00 WIB
Ilustrasi piston mobil
Daimler AG - Global Communication
Ilustrasi piston mobil

GridOto.com - Daihatsu Gran Max dan Luxio bermesin 3SZ-VE 1.500 cc periode produksi Maret 2018 - April 2019 di-recall oleh PT Astra Daihatsu Motor terkait potensi kerusakan di setang piston atau connecting rod.

Menurut PT ADM, kerusakan ini akibat kesalahan vendor dalam proses produksi setang piston Daihatsu Gran Max dan Luxio bermesin 3SZ-VE 1.500 cc.

"Kesalahan dalam kontrol maintenance di vendor saat proses pembentukan setang piston terjadi sehingga ada tekanan berlebih saat proses forging," buka Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Akibatnya saat digunakan, setang piston cacat produksi tersebut berpotensi retak atau bahkan patah.

Daihatsu Luxio
Dok Otomotif
Daihatsu Luxio

(Baca Juga: Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, 36.915 unit Kena Gara-gara Ini)

"Sampai saat ini pihak Daihatsu sudah menemukan 6 kasus kerusakan setang piston di Gran Max 1.5L dan Luxio, 5 mengalami setang piston putus dan satu keretakan di setang piston," ucap Anjar

PT ADM telah melakukan pemeriksaan secara detail terhadap 6 mobil tersebut dan tidak menemukan faktor lain yang bisa menyebabkan keretakan atau putusnya setang piston Daihatsu Gran Max dan Luxio bermesin 3SZ-VE 1.500 cc.

"Kasus yang kita analisa waktu itu tidak ditemukan faktor lain seperti perawatan servis berkala yang tidak sesuai yang bisa menyebabkan setang piston Gran Max 1.5L dan Luxio bermasalah," tambahnya.

Namun, Anjar mengingatkan bahwa ada faktor lain yang juga bisa menyebabkan setang piston putus atau patah.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa