Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Layang Jakarta-Cikampek II Segera Beroperasi, Jasa Marga Juga Siapkan Rest Area?

Latifa Alfira Ulya - Senin, 4 November 2019 | 06:50 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II
Dokumentasi PUPR
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

GridOto.com - Pemerintah sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia, salah satunya Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II.

Konstruksi jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II saat ini sudah hampir mencapai 100 persen.

Melansir dari Kompas.com, tol layang sepanjang 36,4 kilometer ini targetnya dapat beroperasi saat libur Natal dan tahun baru.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC), Djoko Dwijono mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengkaji pengadaan fasilitas rest area di Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

(Baca Juga: Bersiap Untuk Arus Mudik Natal dan Tahun Baru, Tol Layang Jakarta-Cikampek II Target Beroperasi di November Akhir!)

Dalam kajian itu, Jasa Marga mempertimbangkan rest area yang saat ini tersedia di Tol Jakarta-Cikampek untuk dihubungkan dengan rest area tol layang.

"Secara teknik sedang kami pikirkan untuk menghubungkan dengan rest area yang existing (sudah ada sebelumnya)," ujar Djoko, Jumat (1/11/2019).

Adapun menjelang beroperasi, Tol Layang Jakarta-Cikampek II ini sedang dalam tahap uji beban.

"Sekitar 99 persen (konstruksi). Kan sekarang juga masih dilakukan uji beban dan masih akan ada uji layak fungsi dan operasi juga meskipun pekerjaan sudah hampir 100 persen," jelasnya.

(Baca Juga: Meski Kuat Dilalui Truk Besar, Tol Layang Jakarta-Cikampek II Tetap Untuk Kendaraan Ringan. Ini Jawaban PUPR!)

Sekadar informasi, tol layang ini berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat.

Kehadiran Tol Layang Jakarta-Cikampek II ini akan menambah kapasitas Tol Jakarta-Cikampek existing serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan jarak jauh.

Kendaraan tujuan jarak pendek akan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, sementara kendaraan jarak jauh terutama golongan I dan II bisa menggunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Artikel ini dikutip dari Kompas.com dengan judul "Jasa Marga Pertimbangkan Bangun Rest Area di Jalan Tol Layang Cikampek"

Editor : Hendra
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa