Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Demi Percepat Era BEV, Pemerintah Kudu Rampungkan Peraturan Turunan Kendaraan Listrik

Harun Rasyid - Sabtu, 26 Oktober 2019 | 17:42 WIB
Ilustrasi kendaraan BEV
Otomotif.kompas.com
Ilustrasi kendaraan BEV

GridOto.com - Diumumkan Presiden Joko Widodo 5 Agustus 2019, Perpres No. 55 tahun 2019 memang ditujukan untuk efisiensi dan ketahanan energi bagi sektor transportasi demi terwujudnya kualitas udara bersih dan ramah lingkungan.

Perpres tersebut tampak menjanjikan atau semacam komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca di tengah isu memburuknya kualitas udara, terutama di Jakarta.

Penerapan Perpres No. 55 tahun 2019 juga berpotensi meningkatkan industri manufaktur kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle – BEV) di Indonesia.

Namun untuk mempercepat pelaksanaan aturan ini, praktisi hukum energi baru terbarukan firma hukum Dentons HPRP Hendra Ong mengatakan, pemerintah harus segera merampungkan sejumlah kebijakan turunan dari Perpres tersebut.

(Baca Juga: Toyota Bertahap Menuju Battery Electric Vehicle, Akankah CH-R BEV Dijual di Indonesia?)

Demi percepatan program BEV dan mendorong penguasaan teknologi industri serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan bermotor.

 “Para pembuat BEV atau komponen BEV diwajibkan untuk mendirikan perusahaan di Indonesia, lalu membangun pusat produksi  manufaktur BEV dan komponen BEV di tanah air,” jelas Hendra Ong.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa