Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Jangan Menggunakan Satu Rem, Begini Teknik Pengereman Motor yang Benar Saat Hujan

Harun Rasyid - Senin, 14 Oktober 2019 | 17:35 WIB
Ilustrasi naik motor saat hujan
Outsidepursuits.com
Ilustrasi naik motor saat hujan

GridOto.com - Selain jarak pandang ke jalan, problem mengendarai motor saat cuaca hujan adalah jalan licin dan kadang terdapat pasir serta kerikil kecil di jalan.

Jika tidak hati-hati, adanya pasir dan kerikil di jalanan dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan karena salah dalam teknik pengereman.

Ady Jotos, Instruktur Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS) mengatakan, hal yang musti dilakukan dalam berkendara saat hujan adalah mengurangi kecepatan.

"Kecepatan berkendara harus dikurangi, makin deras hujan harus semakin pelan atau hati-hati karena jarak pandang juga terganggu akibat kaca helm kena tetesan air hujan," kata Ady kepada GridOto.com, Senin (14/10/2019).

(Baca Juga: Street Manners: Musim Hujan Datang, Berikut Cara Berkendara Motor yang Aman Menurut Pakar Safety Riding)

Untuk teknik pengereman motor saat hujan, Ady menyarankan menggunakan kedua rem secara bersamaan.

"Saat hujan lebih baik gunakan kedua rem, rem depan dan rem belakang secara bersamaan. Dengan pengereman depan belakang berbarengan, maka pengendara akan lebih aman," ujar Ady lagi.

"Kalau hanya menggunakan rem depan saja, di jalan basah yang licin atau berpasir motor bisa tergelincir karena daya cengkeram rem depan kuat dan cepat. Misal pakai rem belakang saja bahayanya motor bisa ngesot atau sliding," tambahnya.

Ady menambahkan, pengendara motor saat hujan juga harus lebih fokus melihat kondisi jalan di depan dan tetap selalu berhati-hati.

(Baca Juga: Charging Baterai Mobil Listrik Saat Hujan, Apa Enggak Korslet Tuh?)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa