Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indikator Ini Pengganti Fitur Kick Starter di Motor Baru, Kok Bisa?

Muhammad Farhan - Kamis, 3 Oktober 2019 | 14:40 WIB
Indikator tegangan aki (voltmeter) di Vario 150
Luthfi
Indikator tegangan aki (voltmeter) di Vario 150

GridOto.com – Hanya berfungsi buat pencegahan sebelum muncul masalah, indikator ini merupakan pengganti fitur kick starter di motor keluaran terbaru, kok bisa?

Dengan hilangnya metode menyalakan motor dengan cara diengkol di beberapa motor terbaru, sebagian pengguna khawatir apabila elektrik starter terganggu akibat aki lemah jadi merepotkan.

Menurut bengkel resmi, adanya fitur voltmeter bisa mencegah terjadinya masalah tersebut meski motor tidak memiliki kick starter.

“Fungsi kick starter secara tidak langsung perannya kini digantikan dengan indikator tegangan aki atau voltmeter di panel instrumen,” jelas Agus Dwi, Kepala Mekanik AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

(Baca Juga: Jangan Asal Pakai, Biar Mirip Ternyata Gemuk CVT Punya Fungsi Berbeda!)

Adanya indikator voltmeter tersebut bisa ditemui pada beberapa matic Honda tanpa kick starter seperti Vario 150, PCX, ADV150 dan beberapa motor jenis sport terbaru.

Karena tegangan daya aki bisa terukur secara langsung setiap saat, pengguna bisa melihat kapan sebaiknya aki diganti baru saat sudah melemah.

Pemasangan voltmeter memudahkan saat pantau tegangan aki
Rangga/otomotifnet
Pemasangan voltmeter memudahkan saat pantau tegangan aki

“Jika voltmeter sudah menujukkan tegangan aki dibawah 12 Volt, segera lakukan pengecekan apakah aki bisa dicharge ulang atau perlu ganti baru,” lengkapnya.

Hasilnya kondisi aki bisa terus dipantau dan bisa diatasi jika bermasalah sebelum mengakibatkan elektrik starter tidak berfungsi.

(Baca Juga: Sepele! Kebiasaan Ini Bikin Panel Instrument Digital Motor Cepat Rusak)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa