Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap! Toyota Gandeng Akademisi UGM Perkuat Daya Saing Nasional, Kembangkan Riset Energi Baru dan Terbarukan

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 20 September 2019 | 19:40 WIB
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi menjalin kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM).
Istimewa.
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi menjalin kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM).

GridOto.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi menjalin kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM), yang ditandantangani di Gedung Rektorat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dalam upaya mengembangkan industri nasional, yang dituntut untuk terus meningkatkan daya saing agar bisa berkontribusi kepada bangsa Indonesia.

"Industri Indonesia dituntut untuk terus meningkatkan daya saing agar bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada bangsa Indonesia. Kami yakin bahwa salah satu kunci utama untuk mencapainya adalah dengan kemitraan yang erat dengan akademisi," ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

"Semoga beragam riset yang yang kami jalankan dengan UGM dapat mengawali hubungan yang lebih erat lagi dengan dunia pendidikan," imbuhnya dalam keterangan resmi TMMIN, Kamis (19/9/2019).

(Baca Juga: Canggih, Wallpaper Layar Head Unit Toyota Calya Facelift Bisa Diganti)

Kemitraan itu nantinya mencakup topik-topik yang menjadi perhatian industri seperti energi baru dan terbarukan, lingkungan hidup, produktivitas dan efisiensi, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Riset-riset ini akan berlangsung selama 6 bulan dan hasilnya selain menjadi kajian ilmiah juga akan didesiminasi ke industri-industri terkait sejalan dengan semangat link and match.

PT TMMIN melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kemitraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Gedung Rektorat Universitas Gadjah Mada – Daerah Istimewa Yogyakarta.
Istimewa.
PT TMMIN melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kemitraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Gedung Rektorat Universitas Gadjah Mada – Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun peneliti dari UGM akan mengkaji teknologi pembuatan biodiesel dari kelapa sawit yang menghasilkan produk dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau.

Sementara dalam bidang lingkungan hidup, peneliti UGM akan mengkaji penggunaan tanaman kenaf yang memiliki nilai ekonomis untuk konservasi lahan gambut, serat kenaf ini juga merupakan serat organik yang memiliki beragam kegunaan.

(Baca Juga: Toyota Berencana Bawa Plug-in Hybrid Lagi ke Tanah Air. Prius Prime Kah?)

Lalu dalam bidang produktivitas dan efisiensi, peneliti UGM akan mengkaji upaya pembetukan ekosistem yang dapat mendukung inkubasi dan pertumbuhan Industri Menengah dan Kecil (IKM) dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Kedepannya persaingan akan terjadi bukan lagi antar perusahaan atau industri melainkan antar ekosistem," pungkas Bob Azam, selaku Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN.

"Oleh karena itulah ekosistem industri yang kompetitif harus terus menerus dibangun dengan meningkatkan kerjasama triple helix antara industri, akademisi, dan pemerintah," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa