New Avanza Veloz di Kaltim Beda Hampir Rp 50 Juta Dengan Jakarta, Ini Penjelasan Toyota

Harun Rasyid - Jumat, 6 September 2019 | 21:10 WIB
Toyota Avanza Veloz 2019
Radityo Herdianto
Toyota Avanza Veloz 2019

GridOto.com - Provinsi Kalimantan Timur akhir-akhir ini banyak diperbincangkan masyarakat, pasalnya di wilayah tersebut akan berdiri Ibu Kota baru Republik Indonesia.

Presiden Jokowi juga telah mengumumkan secara resmi Ibu Kota baru tersebut akan terletak diantara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Berpindahnya Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke wilayah tersebut, tentu mempengaruhi pasar penjualan kendaraan bermotor termasuk mobil di Kalimantan Timur.

GridOto coba membandingkan harga kendaraan dari salah satu merek mobil yakni Toyota, pasalnya saat ini harga mobil di Jakarta dan wilayah Provinsi Kalimantan Timur terpaut jauh.

(Baca Juga: Rela Terbang dari Kalimantan ke Boyolali, Ini Komentar Presiden Jokowi Tentang Esemka Bima)

Misalnya, dalam situs resmi toyota.astra.co.id harga Toyota New Avanza Veloz tipe termurah 1.3 M/T untuk OTR Jakarta harganya Rp 215.650.000.

Sedangkan, dalam laman toyotadisamarinda.com harga Toyota New Avanza Veloz dengan tipe yang sama dibanderol Rp 262.933.000 atau lebih mahal Rp 47 jutaan.

Menanggapi hal ini, Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perbedaan ini disebabkan banyak faktor.

"Perbedaan harga bergantung pada beda pajak, beda masalah transportasi sehingga penyesuaian pasti ada. Ditambah biaya ongkos-ongkos lain karena ke Kalimantan nyebrang lautan juga," ujar Anton, Rabu (28/8/2019).

(Baca Juga: Kecelakaan Karambol di Bintaro Sektor 7. Toyota Mark X, Innova, Sienta dan Daihatsu Ayla Ringsek Disundul 'Si Hijau')

Menurut Anton, harga tersebut sudah disesuaikan berdasarkan kondisi pasar di Kalimantan Timur.

"Sebenarnya harga tersebut bukan masalah naik atau turun, harga itu ditentukan dari kompetisi pasar di daerah tersebut. Jadi harga sudah kami sesuaikan," Terang Anton.

Karena dibuat berdasarkan kompetisi pasar, perbedaan harga ini juga terjadi pada merek-merek mobil lain selain Toyota.

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Toyota.astra.co.id,toyotadisamarinda.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X