Molisma, Mobil Tenaga Listrik dan Surya Buatan SMK Sumpiuh, Bisa Angkut Beban 300 Kg

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 5 September 2019 | 19:47 WIB
Molisma buatan SMK NU 1 Sumpiuh
Permata Putra Sejati / Tribun Jateng
Molisma buatan SMK NU 1 Sumpiuh

GridOto.com - Apresiasi harus diberikan kepada SMK NU 1 Sumpiuh, Jawa Tengah yang sukses membuat purwarupa mobil bertenaga listrik dan surya dengan nama Molisma.

Molisma adalah sebuah rekayasa teknik kendaraan ringan dengan menciptakan prototype mobil listrik bertenaga surya. Inovasi tersebut tercipta berkat kerjasama antara siswa SMK jurusan teknik kendaraan ringan dan teknik kendaraan berat, beserta dengan guru pembimbing.

Bermula dari ide guru kemudian siswa-siswa mencoba mewujudkan mobil listrik bertenaga surya. Dan prototype Molisma itu pun sudah melaju kecepatan 35km/jam.

Mereka menciptakan mobil bertenaga surya bertujuan untuk mengurangi polusi udara akibat gas buang kendaraan bermotor.

(Baca Juga: Nissan Leaf Cuma Satu-Satunya Mobil Listrik yang Bisa Begini)

Meski masih perlu mendapat penyempurnaan dan perbaikan, akan tetapi prototype kendaraan tersebut menjadi bukti kerja keras para siswa dalam membuat inovasi kendaraan ramah lingkungan.

"Molisma, Mobil Listrik Ma'arif, harapannya agar dapat lebih baik lagi. Mudah-mudah dapat disempurnakan lagi, dan sekolah bisa lebih men-support lagi.

Selain itu dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya mengurangi polusi bahan bakar juga," ujar Ahmad Ngubaidillah (19), siswa kelas 12, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma'arif NU 1 Sumpiuh, Selasa (3/9/2019).

Tribun Jateng mengunjungi sekolah tersebut. Tampak sejumlah siswa menaiki mobil listrik prototype itu. Achmad bercerita proses pengerjaannya sendiri benar-benar dari awal.

(Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Teknologi e-Power di Mobil Listrik Nissan)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa