Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tabrakan Beruntun di Cipularang, Pengamat : Presiden Harus Turun Tangan

M. Adam Samudra - Rabu, 4 September 2019 | 16:05 WIB
Situasi di sekitar lokasi kecelakaan beruntun yang terjadi di KM 91 Tol Cipularang.
Istimewa
Situasi di sekitar lokasi kecelakaan beruntun yang terjadi di KM 91 Tol Cipularang.

GridOto.com - Presiden diharapkan turun tangan atas kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Senin (2/9/2019) yang melibatkan 21 kendaraan dan ada delapan orang meninggal. 

Pakar transportasi Djoko Setijowarno mengatakan seharusnya Indonesia bisa melihat negara lain, seperti Korea Selatan dalam kurun waktu 20 tahun dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas hingga 60 persen.

"Caranya tidak jauh beda dengan di Indonesia, bisa jadi yang membedakan adalah semangat untuk mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan," kata Djoko di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

"Sudah saatnya Presiden harus turun tangan untuk menekan angka kecelakaan di Indonesia yang kian parah dan memprihatinkan," imbuhnya.

(Baca Juga: Kecelakaan di Tol Cipularang Sering Dikaitkan dengan Kisah Mistis, Ini Penjelasannya Secara Teknis)

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas berulang di jalan Tol Cipularang. Kecelakaan beruntun yang melibatkan 20 kendaraan sungguh menyedihkan.

Bbatas kecepatan di ruas tol, pasti sudah diberikan dan dipasang rambunya, namun ia bilang, apakah hal itu dipatuhi?

Secara umum terjadinya kecelakaan disebabkan empat faktor, yaitu manusia (human error), prasarana transportasi, sarana transportasi dan kondisi lingkungan.

Jalan tol yang sudah dioperasikan sudah dapat dipastikan sudah lulus uji laik fungsi jalan tol yang dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Bina Marga dan Korlantas Polri.

(Baca Juga: Ternyata Banyak Kecelakaan Maut yang Terjadi di Tol Cipularang, Ini Daftarnya)

Ia menambahkan, jika melihat begitu berantakannya posisi dan kondisi mobil-mobil tersebut, sepertinya kecepatan tinggi semua kendaraan.

"Terutama untuk mobil-mobil penumpang. Pengawasan terhadap kecepatan laju kendaraan di jalan tol kelihatannya masih sangat lemah," tuturnya.

Masyarakat pengguna jalan di Indonesia masih menyedihkan kadar disiplinnya dan juga pengawasan yang lemah di jalan termasuk jalan tol.

Untuk itu, ia menilai, perlu ada petugas khusus di tiap tol gate yang "melihat" kondisi teknis dan kelengkapan mobil.

"Misalnya lampu belakangnya tidak ada, maka di rest area pertama atau disiapkan tempat khusus setelah tol gate untuk menindaklanjuti mobil-mobil barang bermasalah tersebut," tuturnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa