Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Manfaat Power Inverter di Mobil, Jadi Tak Takut Lagi Mati Lampu

Taufan Rizaldy Putra - Senin, 5 Agustus 2019 | 21:45 WIB
Power inverter
Power inverter

GridOto.com - Mati lampu serentak yang melanda sebagian Pulau Jawa pada Minggu (04/08) siang menyulitkan masyarakat dalam beraktivitas.

Tanpa kelistrikan selama berjam-jam, masyarakat mengeluhkan kehabisan daya gawai sehingga menganggu aktivitas dan produktivitas mereka.

Mungkin, memasang perangkat yang satu ini di mobil Anda bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi kejadian mati lampu yang serupa.

Perangkat tersebut adalah power inverter yang berfungsi untuk mengubah arus DC (Direct Current) menjadi arus AC (Alternating Current).

"Ketika menggunakan arus bolak-balik atau AC, mobil dapat menyalurkan daya ke perangkat elektronik rumah. Sehingga perangkat seperti laptop, TV, setrika, bisa digunakan di mobil," terang Jimmy, punggawa Power Audio Workshop di Caman, Bekasi Barat.

Mobil yang dilengkapi dengan soket 220 volt, bisa mengisi daya laptop.
Taufan Rizaldy/GridOto.com
Mobil yang dilengkapi dengan soket 220 volt, bisa mengisi daya laptop.

(Baca Juga: Fungsi Dan Manfaat Pasang Power Inverter Di Mobil)

Tak hanya mengubah arus listrik saja, power inverter juga mengubah tegangan listrik mobil menjadi 220 volt atau setara dengan tegangan listrik rumah Anda.

Sehingga ketika lampu di rumah padam, Anda dapat mengandalkan mobil dengan power inverter untuk mengisi daya gawai yang membutuhkan arus AC dengan daya rumahan seperti laptop.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan perangkat elektronik rumah lainnya kok selama kapasitas dayanya masih memenuhi.

"Dulu kan sempat tren tuh kosmetik pasang PS (PlayStation) dan TV di mobil, itu pakai power inverter. Mobil-mobil overland juga biasa pakai itu untuk setrika atau microwave," ujar Jimmy.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa