Gaikindo Naikkan Target Ekspor Mobil Buatan RI, Optimis Tembus 300 Ribu Unit!

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 2 Juli 2019 | 14:13 WIB
Ilustrasi unit Toyota yang hendak diekspor
Kompas
Ilustrasi unit Toyota yang hendak diekspor

GridOto.com - Di tengah lesunya permintaan di pasar otomotif dalam negeri, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) justru dengan pede mengumumkan untuk menaikkan target ekspor kendaraan untuk 2019.

Yohannes Nangoi, selaku Ketua Umum Gaikindo mengungkapkan, tahun 2018 kemarin Indonesia mencatatkan ekspor mobil secara utuh (CBU) tumbuh 14,44 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk angkanya berdasarkan catatan Gaikindo, Indonesia berhasil membukukan ekspor kendaraan sebesar 264.553 unit.

Maka dari itu, pihaknya optimis tren positif yang didapat pada 2018 lalu, bisa terus berlanjut hingga akhir tahun ini.

(Baca Juga: Ekspor Mobil Barunya Turun di Awal 2019, Toyota Siap Ekspansi ke Negara Tujuan Baru)

"Angka tersebut tentunya sangat berarti bagi negara jika itu bisa berkembang, kami berharap industri otomotif Indonesia bisa lebih besar lagi dan lebih mendunia lagi," papar Nangoi, Selasa (2/7/2019).

"Dan tahun ini kami optimis ekspor otomotif Indonesia dapat mencapai 300 ribu unit," imbuhnya saat berada di kawasan SCBD, Jakarta.

Nangoi menambahkan, yang membuatnya optimis target itu bisa tercapai karena saat ini hasil produksi industri otomotif Indonesia sudah diekspor ke puluhan negara di dunia.

Selain itu, salah satu langkah untuk mewujudkan target tersebut yakni dengan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), yang akan terselenggara pada 18 hingga 28 Juli 2019 nanti di ICE BSD, Tangerang.

(Baca Juga: Wuling Siap Ekspor Almaz ke Negara Asean, Ganti Merk jadi Chevrolet Captiva?)

Lebih lanjut, Nangoi menegaskan tujuan dari pameran berskala internasional ini bukan hanya sekadar jualan produk.

Melainkan berbagai produk dan teknologi yang akan dipamerkan pada pameran otomotif tahunan tersebut, dan menjadi salah satu pencapaian Industri otomotif Tanah Air yang patut dibanggakan.

"Industri otomotif mendapatkan energi positif dari setiap penyelenggaraan GIIAS. Banyak yang belum tahu bahwa Indonesia sudah mampu mengekspor kendaraan ke 80 negara di dunia, Gaikindo ingin menunjukkanya di GIIAS 2019," kata Nangoi lagi.

"Bahwa pencapaian industri otomotif Indonesia terus meningkat dan memberikan kebanggan bagi negara," tutupnya.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa