Ekspor Meningkat, Gaikindo Sebut Bakal Ada Mobil Baru Karya Anak Bangsa yang Dikirim ke Luar Negeri

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 15 Mei 2019 | 08:00 WIB
Ilustrasi. Beberapa mobil buatan anak bangsa yang siap dieskpor ke negara lain.
Mavellyno Vedhitya/GridOto.com
Ilustrasi. Beberapa mobil buatan anak bangsa yang siap dieskpor ke negara lain.

GridOto.com - Di tengah menurunnya performa penjualan kendaran di Tanah Air, kabar menggembirakan justru datang dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk pasar ekspor.

Yohannes Nangoi, selaku Ketua Umum Gaikindo menjelaskan, pasar ekspor kendaraan secara utuh atau CBU di awal tahun ini berhasil menorehkan hasil positif.

Pasalnya sepanjang kuartal pertama 2019 terjadi pertumbuhan yang terbilang cukup signifikan, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Tahun ini sampai dengan kuartal pertama pertumbuhannya 20 persen lebih untuk ekspor," papar pria yang akrab disapa Nangoi ini, Selasa (14//5/2019).

(Baca Juga : Jadi yang Terlaris! Fortuner Antar Ekspor Toyota ke Level 46 Ribu Unit)

Tidak hanya itu, Nangoi juga mengungkapkan bahwa bakal ada tambahan beberapa model baru karya anak bangsa yang akan diekspor lagi ke luar negeri.

"Saya tahu akan ada beberapa model baru yang akan diekspor tapi saya belum berani ngomong," kata Nangoi saat berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

"Akhir tahun ada beberapa produk baru lagi yang akan kami ekspor, ini akan kami sampaikan ke Perindustrian bahwa ekspor kami sudah akan mulai lebih banyak," imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga tidak melihat ketegangan dalam perdagangan global serta kondisi pasar keuangan yang fluktuatif saat ini sebagai penghambat.

(Baca Juga : Ekspor Honda Ke Negara Asean Tumbuh Signifikan. Ini Model Yang Disukai)

"Kalau kami lihat ada gejolak dagang antara Amerika dan China, tapi kalau anda melihat sendiri pertumbuhan ekonomi Amerika mengejutkan, tumbuh 3 persenan lo," ujar Nangoi lagi.

"Jadi ini positif sekali, makanya Trump sangat berani. Tapi kalau buat di Indonesia saya lihat dampaknya belum ada," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dida Argadea

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa