Jadi yang Terlaris! Fortuner Antar Ekspor Toyota ke Level 46 Ribu Unit

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 12 Mei 2019 | 08:05 WIB
Fortuner jadi model yang paling banyak diekspor Toyota Indonesia.
Istimewa.
Fortuner jadi model yang paling banyak diekspor Toyota Indonesia.

GridOto.com - Ketegangan dalam perdagangan global serta kondisi pasar keuangan yang fluktuatif menjadi tantangan besar bagi kinerja ekspor kendaraan utuh (Complete Build-Up/CBU) otomotif di Indonesia.

Namun hal itu tak menggoyahkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk menorehkan hasil positif dengan mencatatkan volume ekspor sebesar 46.130 unit sepanjang kuartal pertama 2019.

Secara tidak langsung angka tersebut membuat Toyota menuai kenaikan pejualan ekspor sebesar 2 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu sebesar 45.350 unit.

Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN mengungkapkan, performa positif ini tak lain didukung oleh SUV buatan Pabrik Karawang 1 TMIIN yakni Fortuner.

(Baca Juga : Menperin Sebut Ekspor Otomotif Nasional Ditargetkan 400 Ribu Unit)

"Sejak 5 tahun terakhir, Fortuner konsisten menjadi model SUV penyumbang terbesar bagi prestasi ekspor Toyota Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Bob ini.

"Di tahun 2019, Toyota menargetkan pertumbuhan ekspor di atas 5% meski situasi makro ekonomi dunia masih tidak menentu," imbuhnya, Jumat (10/5/2019).

Yup, Fortuner sukes menjadi favorit di kawasan GCC, Amerika Selatan, dan ASEAN ini tercatat menyumbangkan total 11.165 unit.

Dengan begitu pesaing dari Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer, dan Isuzu MU-X ini berkontribusi sebesar 24 persen dari total ekspor CBU kendaraan bermerek Toyota.

(Baca Juga : Enggak Tanggung-tanggung, Toyota Janjikan Tujuh Model Baru Tahun Ini)

Bob Menambahkan, pihak TMMIN juga bakal terus mengembangkan negara tujuan ekspor ke belahan dunia lainnya untuk memasarkan produk-produk yang dirakit Toyota di Indonesia.

Seiring dengan target yang telah ditetapkan merek asal Jepang itu yakni meningkatkan performa ekspornya di tahun 2019 ini.

"Di tahun 2019, Toyota menargetkan pertumbuhan ekspor di atas 5 persen, meski situasi makro ekonomi dunia masih tidak menentu," kata Bob lagi.

"Saat ini kami fokus untuk mencari pasar-pasar ekspor non tradisional baru untuk mencapai target tersebut,” tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa