Pemilik Bengkel Ini Pinjamkan 11 Motor ke Tenaga Medis Untuk Tolong Nyawa Masyarakat

Harun Rasyid - Rabu, 19 Juni 2019 | 16:58 WIB
Sosok Mansetus Balawala, pemilik bengkel motor yang berbaik hati meminjamkan beberapa sepeda motor ke para tenaga medis demi bantu masyarakat.
Harun
Sosok Mansetus Balawala, pemilik bengkel motor yang berbaik hati meminjamkan beberapa sepeda motor ke para tenaga medis demi bantu masyarakat.


GridOto.com - Nama Mansetus Balawala memang terdengar asing di telinga kita. tetapi jika ada yang pernah melihat iklan komersial Shell di Youtube, pasti tahu dengan sosok beliau.

Mansetus Balawala, pemilik bengkel di Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan sosok yang berinisiatif meminjamkan 11 unit motor dan memberikan servis perawatan motor secara gratis untuk membantu para tenaga medis di Larantuka.

Peminjaman motor ini diberikan kepada para dokter, mantri, perawat dan bidan setempat untuk memudahkan tugas mereka yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Larantuka yang secara geografis berada di bawah kaki gunung sekaligus wilayah pesisir, masih minim akses transportasi, sehingga warganya lebih sering mengandalkan dukun untuk berobat jika terkena penyakit.

(Baca Juga: Gandeng Pahlawan Masyarakat, Shell Advance Luncurkan 'Libas Tantangan Kita' Untuk Ajak Pemotor Berkontribusi di Masyarakat)

Mansetus mengatakan, akses kesehatan hanya ada di kota yang jaraknya sejauh 15 km dan dengan mayoritas masyarakatnya tinggal di wilayah perbukitan, mereka lebih memilih berobat ke dukun desa.

Untuk itu ia ingin mengubah mindset masyarakat Larantuka yang cenderung berobat ke dulun daripada berobat secara medis ke dokter atau mantri.

"Karena alasan akses dan biaya, warga Larantuka lebih percaya berobat ke dukun bahkan jika sakitnya belum parah mereka tidak akan pergi ke rumah sakit. Jadi saya ingin memajukan pikiran masyarakat kalau kesehatan atau nyawa itu harus diutamakan," terang Mansetus.

Inisiatif Mansetus meminjamkan motor gratis ini atas rasa gelisah melihat banyaknya korban jiwa pada ibu dan anak di Flores karena masalah kesehatan.

Sehingga tahun 2000 ia berdiskusi dengan petugas kesehatan dan penyuluh lapangan keluarga berencana di Larantuka.

(Baca Juga: Yamaha XMAX Juara Semarang Langsung Touring ke Larantuka NTT)

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X