Aturan Baru Taksi Online Resmi Berlaku Pekan Depan, Masih Ada Keringanan Sanksi

Ilham Fariq M - Minggu, 16 Juni 2019 | 19:26 WIB
Ilustrasi taksi online
Istimewa
Ilustrasi taksi online

GridOto.com- Diterbitkan sekitar enam bulan lalu, regulasi taksi online atau angkutan sewa khusus yang dituangkan dalam Peraturan Menteri (PM) 118 Tahun 2018 akan mulai diberlakukan sepenuhnya pada Selasa, 18 Juni 2019.

Selama ini yang menjadi isu pertama taksi online yakni perihal keselamatan dan keamanan pengemudi serta penumpang, tarif, hubungan kemitraan antara aplikator dengan mitra pengemudi, dan masalah suspend.

Hal ini senada dengan pernyataan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi.

"Dalam PM 118/2018 ini soal tarif sudah diterbitkan regulasinya pada Perdirjen Nomor SK.3244/AJ.801/DJPD/2017. Jadi dalam kesempatan hari ini saya konsolidasi secara keseluruhan atas regulasi tersebut apakah ada masalah atau tidak dalam penerapannya," terang Budi dalam keterangan resminya, pada Jumat (14/6/2019).

(Baca Juga: Aturan Baru Transportasi Online Soal Larangan Diskon Bakal Terbit Akhir Juni 2019)

Meski siap diberlakukan secara penuh, tetapi Budi menganggap masih perlu adanya keseragaman khususnya di tingkat daerah mengenai persoalan teknis.

Budi juga ikut mengundang Kepala Dinas Perhubungan di tingkat provinsi yang ada di Indonesia.

Apabila merujuk dari PM 88/2018 tentang norma, standar, prosedur, dan kriteria perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik sektor perhubungan darat, untuk izin penyelenggara angkutan orang tidak dalam trayek dikatakan harus mendapat surat rekomendasi dari kepala daerah.

Kepala daerah tersebut meliputi bupati, walikota, atau gubernur khusus yang wilayah operasinya melampaui satu daerah kabupaten atau kota, tetapi masih dalam satu provinsi.

(Baca Juga: Pembatasan Diskon Ojek Online Oleh Kemenhub Khawatirkan Pendapatan Driver Berkurang)

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X