Kementerian ESDM Lakukan Road Test BBM Jenis Baru B30, Hingga 50 Ribu Kilometer

Harun Rasyid - Kamis, 13 Juni 2019 | 17:20 WIB
Sampel BBM diesel B30 yang merupakan campuran 70% solar dan 30% diesel.
Harun
Sampel BBM diesel B30 yang merupakan campuran 70% solar dan 30% diesel.

GridOto.com - Dalam rangka persiapan penggunaan bahan bakar B30 tahun 2020 mendatang, Kementerian ESDM bekerjasama dengan BPDPKS, BPPT, Pertamina, APROBI, GAIKINDO serta kementerian terkait melakukan road test B30.

Road test ini diikuti berbagai kendaraan bermesin diesel dibawah 3,5 ton yang akan menempuh jarak 50.000 km yaitu Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, DFSK Super Cab dan Nissan Terra.

Serta berbagai kendaraan truk berbobot 3,5 ton dengan muatan dan akan berjalan sejauh 40 ribu kilometer.

Kegiatan ini bertujuan merekomendasikan teknis penggunaan B30 (70% solar+30% diesel) pada kendaraan bermesin diesel.

(Baca Juga: Dukung Mobil Listrik, Menteri ESDM Dorong 2.000 SPLU di Jabodetabek)

Bertempat di Gedung Kementerian ESDM di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Kamis (13/6/2019), acara ini dihadiri Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Kepala BPPT Hammam Riza, Direktur BPDB Sawit Dono Boestami beserta direksi jajaran lainnya.

Launching Road Test B30 ditandai dengan pelepasan keberangkatan 3 unit truk dan 8 unit kendaraan penumpang yang akan mengetes bahan bakar B30.

Ignasius Jonan mengatakan, road test B30 ini bukan uji jalan saja tapi juga mempromosikan ke masyarakat bahwa penggunaan B30 termasuk performa akselerasi dan perawatannya yang tidak memakan biaya.

"Pemerintah akan mewajibkan penggunaan campuran biodiesel 30% pada kendaraan ini mulai tahun depan untuk mengurangi ketergantungan impor sekaligus menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan," ujar Jonan.

(Baca Juga: Menteri ESDM Janjikan Pemerintah Segera Selesaikan Perpres Mobil Listrik)

Editor : Eka Budhiansyah

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X