Enggak Sempat ke Bank? Tol Trans Jawa Sediakan Fasilitas Penukaran Uang Pecahan Kecil di Rest Area Ini

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 30 Mei 2019 | 18:39 WIB
Ruas Jalan Tol Trans Jawa
Twitter.com
Ruas Jalan Tol Trans Jawa

GridOto.com - Mau balik ke kampung halaman tapi belum sempat tukar uang pecahan kecil buat bagi-bagi THR? Tenang, kamu bisa lakukan penukaran uang di tol trans jawa.

Pastinya bukan dengan cara bayar dengan uang pecahan besar lalu minta kembalian dengan uang pecahan kecil di gardu pembayaran ya, kan sudah pakai e-toll nih...

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Jawa Tengah melayani penukaran uang baru bagi para pemudik Lebaran 2019 yang melintasi jalan tol ruas Solo-Ngawi.

Pelayanan penukaran uang baru baru dapat dilakukan mulai Kamis (30/5/2019) hingga Sabtu (1/6/2019) atau selama tiga hari.

Baca Juga: H-5 Lebaran, yang Mau Berangkat Mudik Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa Terbaru

Adapun pelayanan penukaran uang baru tersebut dapat dilakukan di rest area atau tempat istirahat KM 519 A dan KM 519 B ruas tol Solo-Ngawi.

"Kami melihat kebutuhan uang pecahan kecil (UPK) untuk pemudik juga. Jadi, itu alasan kami membuka pelayanan penukaran uang baru di sana (jalan tol)," kata Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi KPwBI Solo Bakti Artanta, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2019).

Dia mengatakan, pelayanan penukaran uang baru di jalan tol baru pertama kalinya dilakukan setelah jalan bebas hambatan bagian dari Trans Jawa itu beroperasi penuh pada Lebaran 2019.

Baca Juga: Tol Trans Jawa Masih Minim Penerangan, Harus Ekstra Waspada Kalau Berkendara di Malam Hari

Rencananya, pelayanan penukaran uang baru akan tersedia dalam tiga unit mobil khas keliling dengan kapasitas satu unitnya 100 orang penukar.

Setiap orangnya akan dibatasi maksimal Rp 4,4 juta. Sehingga total uang yang disediakan setiap harinya sekitar Rp 1,3 miliar untuk tiga mobil tersebut.

"Sebenarnya kami tidak membatasi penukaran. Hanya saja untuk pemerataan supaya semuanya dapat," terang dia.

Bakti menambahkan, pelayanan penukaran uang baru tersebut juga karena permintaan masyarakat terhadap kebutuhan uang baru terus meningkat.

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 2019, pihaknya mengalokasinya dana sebesar Rp 5,4 triliun. Jumlah itu meningkat dari tahun lalu hanya Rp 5 triliun.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Mau Mudik Tapi Belum Menukar Uang? Anda Bisa Menukar Uang di Tol Trans Jawa, Ini Lokasinya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa