Rencana PT Jasa Marga Jadikan Tol Jalur Contra Flow dan One Way Selama Mudik Lebaran

Gayuh Satriyo Wibowo - Senin, 27 Mei 2019 | 16:30 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama
Gerbang Tol Cikampek Utama

GridOto.com - Untuk mempersiapkan lonjakan traffic, PT Jasa Marga berencana menetapkan jalur contra flow dan one way pada arus mudik dan arus balik Libur Lebaran 2019.

Rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan 30 Mei - 2 Juni 2019 untuk arus mudik dan untuk arus balik pada 8-10 Juni 2019.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, pemberlakuan skema contra flow dan one way ini mempertimbangkan lalu lintas jarak pendek serta lalu lintas dari dan menuju Bandung, Jawa Barat.

"Jalur one way hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil, sedangkan kendaraan besar atau bus serta pengguna jalan dengan jarak pendek agar menggunakan jalur normal," ujar Refdi dalam keterangan tertulis PT Jasa Marga pada Minggu (26/5/2019) sore.

(Baca Juga: Strategi Mengurangi Penumpukan Akibat Rekayasa One Way di Brebes Barat)

"Untuk pengguna jalan dengan tujuan jarak jauh seperti Cirebon, Semarang dan seterusnya dapat menggunakan jalur one way sebagai jalur alternatif," tambahnya.

Berikut penjelaskan rencana rekayasa lalu lintas yang dilakukan PT. Jasa Marga.

1. Contra flow akan diberlakukan mulai dari KM 29 sampai KM 61 ruas tol Jakarta-Cikampek, pada pukul 06.00 - 21.00 WIB.

2. One way akan diberlakukan mulai dari KM 70 ruas tol Jakarta-Cikampek sampai dengan kilometer 263 Jalan Tol Pejagan-Pemalang, pada pukul 09.00 - 21.00 WIB.

Sebagai tambahan, Refdi menghimbau para pemudik agar selalu memperhatikan ambang batas kecepatan, terutama di jalur one way.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Kompas.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa