Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Kemacetan, Dishub Banyumas Mencoba Rekayasa Lalu Lintas

Gayuh Satriyo Wibowo - Senin, 20 Mei 2019 | 15:42 WIB
Ruas jalur selatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ditutup, beberapa waktu lalu.(KOMPAS.com/DOK DISHUB BANYUMAS)
Ruas jalur selatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ditutup, beberapa waktu lalu.(KOMPAS.com/DOK DISHUB BANYUMAS)

GridOto.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik kemacetan.

Dikutip dari Kompas.com, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Banyumas Arif Akhmadi mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan di persimpangan jalur utama mudik dan di sekitar wilayah perkotaan.

Metode yang dipersiapkan oleh pihak Dishub antara lain dengan memasang traffic cone dan barrier (pembatas) di tempat-tempat strategis.

"Kami siapkan traffic cone dan barrier (pembatas) di titik-titik tertentu yang berpotensi terjadi kemacetan, baik di jalur utama yang dilalui pemudik maupun di wilayah kota," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (20/5/2019).

(Baca Juga: Jalur Satu Arah Pada Saat Arus Mudik dan Balik Berlaku H-3 dan H+3)

Arif juga mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan di beberapa tempat sepanjang jalur utama mudik antara lain di persimpangan Ajibarang, Patikraja, Kaliori, Sokaraja, Wijahan, dan Sumpiuh.

Rekayasa lalu lintas untuk tahun ini tidak memiliki banyak perubahan dari tahun lalu.

"Untuk pemasangannya kami akan berkoordinasi dengan pos pam setempat. Untuk rekayasanya masih seperti tahun-tahun kemarin, misal di pertigaan Kaliori, kendaraan dari arah utara tidak boleh belok kanan, atau dari arah barat tidak boleh belok kanan," jelasnya.

Menurut Arif, rekayasa lalu lintas di jalur mudik bersifat insidental atau dapat dilakukan jika dirasa butuh.

(Baca Juga: Ini Skema Rekayasa Lalu Lintas yang Akan Diterapkan di Solo Selama Musim Mudik)

Rekayasa lalu lintas diperlukan apabila volume kendaraan mengalami peningkatan drastis.

"Insidental tergantung situasi dan kondisi arus lalu lintas, misal kalau volume kendaraan tinggi memungkinkan diberlakukan rekayasa lalu lintas. Itu situasional, tergantung kondisi," ujarnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antisipasi Kemacetan, Disiapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Mudik".

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa