Rebutan Pasar Low MPV. Semua Gara-gara Xpander

Bimo Aribowo - Jumat, 10 Mei 2019 | 15:01 WIB
Mitsubishi Xpander
Dok. MMKSI
Mitsubishi Xpander

GridOto.com – Semester pertama 2019 pasar low MPV kembali bergolak. Dipicu model-model baru mulai dari Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Nissan Livina hingga Suzuki Ertiga. Semua berbenah gara-gara Mitsubishi Xpander.

Kue pasar low MPV masih sangat besar. Bahkan tak hanya pemain lama. Ada juga merek baru Cina seperti Wuling dengan Cortez dan Confero. Munculnya Xpander tahun lalu langsung bikin pusing para penguasa MPV sejuta umat ini.

Dominasi sang pemimpin pasar selama ini, Avanza diganggu Xpander. Rata-rata penjualan Xpander 5.555 unit/bulan. Sehingga diklaim sebagai low MPV tercepat (18 bulan per Maret 2019) yang mencapai penjualan 100.000 unit.

Memang masih kalah dari Avanza, Mobilio dan Ertiga di zaman keemasannya 5 tahun lalu. Saat itu bisa terjual hingga 10-11 ribu/bulan.

Bahkan Avanza pernah jualan 21 ribu di Juli 2013. Tapi pada kenyataannya Xpander memimpin di 2 bulan pertama 2019 ini. Namun di Maret 2019, gantian Avanza unggul di atas Xpander.

Kemungkinan inilah pemicu Avanza-Xenia melakukan perombakan di awal 2019. Sayangnya baru sebatas facelift. Padahal konsumen berharap banyak.

Toyota Avanza
Dwi Wahyu R.
Toyota Avanza

Avanza-Xenia hanya ganti moncong depan saja. Kabin dan buritan nyaris serupa model sebelumnya. Entah kelewat percaya diri atau memang dipaksakan lahir prematur.

Model terbaru disebut-sebut bisa dirasakan perbedaannya saat dikemudikan atau dinaiki. Agak sulit menjelaskan soal rasa berkendara ke konsumen di segmen ini. Mereka tak begitu cerewet soal rasa berkendara. Harga, tampilan dan fitur jauh lebih penting.

Mungkin itu juga yang membuat Wuling sukses menyodok ke 6 besar penjualan mobil nasional. Hanya lewat 2 model Confero dan Cortez terbukti terjual hingga 22 ribu di tahun 2018. Bahkan belakang muncul pilihan varian Turbo di Cortez dan transmisi ACT di Confero.

Editor : Bimo Aribowo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X