Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waduh! Banyak Keluhan Soal Tarif Ojol, Kemenhub Angkat Bicara

M. Adam Samudra - Jumat, 3 Mei 2019 | 09:00 WIB
Ilustrasi ojek online
Kompas.com
Ilustrasi ojek online

GridOto.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan kebijakan baru mengenai tranportasi online. 

Dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 itu adalah adanya kenaikan biaya transportasi berbasis daring tersebut.

Menanggapi hal itu, banyak pengguna ojek online memberikan pandangan pro dan kontra terkait kebijakan dari Kemenhub.

Menanggapi adanya keluhan dari beberapa masyarakat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan terus memantau dinamika yang terjadi di lapangan.

(Baca Juga : Waduh! ITW Sebut Permenhub No 12 Tahun 2019 Soal Ojol, Ilegal)

“Makanya saya hanya tetapkan implementasi biaya jasa di 5 kota. Sekarang kami beri waktu satu minggu kami akan lihat seperti apa. Setelah itu akan dilakukan evaluasi," ujar Budi melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Selain itu, pihaknya akan membuat survey di masyarakat maupun para pengemudi ojek daring agar diperoleh harga yang sesuai. 

Sebelummya, Kementerian Perhubungan telah mengadakan pertemuan oleh pihak yang berkepentingan untuk mengetahui tarif yang sesuai.

“Saat saya menetapkan itu didasarkan oleh perwakilan-perwakilan, perwakilan konsumen, perwakilan pengemudi, perwakilan operator, semuanya ada ini adalah hasil dari perjumpaan kepentingan, dengan dasar itu kita petakan,” jelasnya.  

(Baca Juga : Kemenhub Siap Endorse Taksi Listrik Biar Enggak Mati di Tengah Jalan)

Sebelumnya pemerintah pada 1 Mei 2019 telah memberlakukan peraturan terkait ojek daring termasuk tata cara dan penerapan biaya jasa di 5 kota yang mewakili 3 zona yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. 

Penentuan lima kota tersebut merupakan upaya mitigasi risiko dan mitigasi manajemen dalam penerapan regulasi.

Dengan diberlakukannya aturan ini diharapkan berikan payung hukum terutama berkaitan dengan isu keselamatan (safety) ojek daring.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa